Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 8 Buah yang Dapat Melancarkan BAB

8 Buah yang Dapat Melancarkan BAB

RANCAH POST – Terdapat beberapa jenis buah yang diyakini dapat melancarkan buang air besar (BAB). Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami sembelit.

Sembelit atau susah buang air besar dapat dialami oleh siapapun, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Masalah pencernaan yang satu ini sering dikeluhkan karena dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman bahkan rasa sakit.

Banyak hal yang dapat menyebabkan buang air besar tidak lancar, bisa karena pola makan atau penyakit tertentu.

Banyak cara untuk mengatasi sembelit, salah satunya yang paling sering orang lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat pencahar.

Namun tahan dulu, selain dengan obat pencahar ada cara yang lebih alami untuk melancarkan pencernaan lho, yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Tentu saja, hal ini berkaitan dengan kandungan serat yang ada di dalamnya. Buah-buahan yang tinggi serat baik dikonsumsi ketika Anda sedang mengalami susah buang air besar.

Lalu, apa sajakah buah-buahan tersebut? Agar tidak penasaran lagi, berikut beberapa makanan yang melancarkan BAB.

Buah yang Melancarkan BAB

Buah pisang

Apakah pisang merupakan buah favorit Anda? Jika iya, buah yang satu ini termasuk yang dapat melancarkan buang air besar.

Buah pisang menjadi andalan saat Anda tengah mengalami konstipasi. Namun, sebaiknya hindari makan pisang yang masih mentah karena dapat memicu susah BAB.

Buah kiwi

Buah yang dapat melancarkan BAB selanjutnya adalah kiwi. Kiwi memang banyak digemari, apalagi ia cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Selain mengandung serat, kiwi juga mempunyai enzim actinidine yang melancarkan saluran pencernaan. Oleh sebab itu, kiwi baik dimakan untuk sembelit.

Buah pepaya

Buah pepaya memang sudah dikenal obat pencahar alami yang ampuh untuk membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

Buah pepaya memiliki kandungan serat yang banyak, vitamin C dan mineral. Selain itu, pepaya juga mengandung papain yang efektif mengubah protein menjadi mudah dicerna usus.

Buah mangga

Mangga memang menjadi favorit orang-orang dari sekian banyak buah. Selain pepaya, mangga juga menjadi buah yang dapat melancarkan BAB.

Serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Di dalam buah mangga juga terkandung enzim yang efektif meningkatkan sistem pencernaan.

Buah anggur

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh memang sudah dikenal sejak lama. Karena memang, selain rasanya yang lezat anggur juga ternyata baik untuk pencernaan.

Hal tersebut karena buah anggur mengandung air serta serat yang banyak, sehingga membuat buang air besar menjadi lancar dan sembelit pun dapat teratasi.

Buah jeruk

Buah jeruk mengandung serat, air dan flavanol yang dapat memberikan efek pencahar alami.

Sehingga buah yang memiliki rasa manis asam ini termasuk pada buah yang dapat melancarkan BAB.

Buah apel

Buah yang dapat melancarkan pencernaan berikutnya adalah buah apel yang memiliki kandungan serat yang dapat mengatasi sembelit.

Buah apel juga mengandung pektin yang merupakan obat pencahar alami dan bisa mengatasi susah BAB.

Buah nanas

Buah nanas kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan senyawa bromelain yang terdapat di dalamnya juga berperan untuk memecah protein.

Oleh sebab itu, proses pencernaan dalam tubuh akan lebih lancar. Tentu Anda ingin bukan memiliki sistem pencernaan yang lancar?

Itu dia, teman-teman beragam jenis buah yang dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan mengatasi sembelit. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan