Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Kebiasaan Buruk Penyebab Osteoporosis

Kebiasaan Buruk Penyebab Osteoporosis

Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat Anda rentan terkena penyakit osteoporosis, termasuk kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Perlu Anda ketahui, osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah suatu kondisi hilangnya massa tulang yang membuat tulang menjadi lebih tipis. Hal tersebut dapat mengakibatkan tulang rentan rapuh, keropos bahkan mudah patah.

Penyakit ini dapat diderita oleh kaum wanita dan pria, namun sebagian besar dialami oleh kaum wanita yang sudah berusia di atas 50 tahun yang sudah menopause.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit kerusakan tulang ini terjadi, di antaranya faktor genetik, jenis kelamin, menopause, gaya hidup buruk dan lainnya.

Tak sedikit orang yang mengira jika pengeroposan tulang tersebut merupakan suatu penyakit alami, di mana semakin bertambahnya umur dan tubuh mulai menua.

Akan tetapi, tanpa Anda sadari, di antara faktor menyebabkan osteoporosis salah satunya adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan di waktu muda.

Penyebab Osteoporosis

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya penyakit pengeroposan tulang yang disebabkan oleh gaya hidup atau kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Merokok

Ini merupakan kabar buruk bagi Anda yang merupakan perokok berat. Selain dapat berbahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan osteoporosis.

Atom berbahaya atau radikal bebas yang terkandung dalam rokok atau tembakau dapat membunuh sel-sel yang berperan dalam mebangun tulang.

Tak hanya itu saja, produksi hormon stres dapat meningkat karena merokok, hal ini dapat melemahkan tulang, menghambat perkembangan hormon kalsitionin yang nantinya bisa membantu membangun tulang.

Jika ingin tetap sehat dan terhindar dari penyakit pengeroposan tulang ini, setidaknya Anda bisa mengurangi menghisap rokok dalam satu harinya.

Malas olahraga

Menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga adalah salah satu kunci yang bisa membuat Anda sehat serta terhindar dari penyakit.

Jika malas berolahraga, tentu berbagai penyakit dapat mudah sekali hadir, salah satunya osteoporosis. Malas berolahrga menjadi penyebab utama terjadinya osteoporosis pada wanita maupun pria.

Jika ingin terhindari dari penyakit ini, usahakan untuk rajin berolahraga. Karena olahraga punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bermalas-malasan dan menghindari sinar matahari

Banyak sekali alasan yang menjadikan seseorang selalu menghindari yang namanya sinar matahari, hingga membuat mereka bermalas-malasan dalam beraktivitas.

Padahal tubuh memerlukan yang namanya vitamin D dan itu tak hanya ada pada sayur dan buah saja, namun ternyata terdapat juga pada sinar matahari.

Paparan radiasi ultraviolet-B dari sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang bagus bagi kesehatan tulang. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit osteoporosis dalam berkurang.

Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk kesehatan tulang adalah ketika pagi hari. Hal tersebut karena sinar matahari pagi sebelum jam 8 pagi merupakan sumber alami dari vitamin D.

Yang perlu Anda hindari adalah terkena paparan sinar matahari pada jam 10.00 sampai 16.00, karena di waktu ini sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet yang bisa berbahaya untuk tubuh.

Terlalu sering minum kopi

Minum segelas kopi di pagi hari agaknya sudah menjadi kebiasaan wajib pagi sebagian orang sebelum dirinya menjalani aktivitas. Namun ternyata, jika Anda terlalu rutin minum kopi dapat menjadi penyebab munculnya osteoporosis.

Hal ini karena kandung kafein yang terdapat di dalam kopi, berkontribusi langsung pada tulang dengan cara meningkatkan ekskresi pada kalsiunm urin. Selain itu, terlalu sering minum kopi dapat menurunkan efisiensi penyerapan kalsium pada usus.

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Sama halnya dengan rokok, minum minuman beralkohol juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengapa bisa? Karena keduanya sama-sama bisa meningkatkan hormon kortisol yang nantinya dapat menurunkan kepadatan tulang.

Terlalu banyak mengkonsumsi minum minuman beralkohol juga bisa menurunkan kadar hormon testosteron dan estrogen, yang dapat melemahkan tulang.

Bagaimana, apakah kebiasaan buruk tadi sering Anda lakukan? Segeralah hindari beberapa kegiatan yang bisa menjadi penyebab osteoporosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,214FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan