Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Kesalahan Saat Mencuci Tangan yang Harus Dihindari

6 Kesalahan Saat Mencuci Tangan yang Harus Dihindari

RANCAH POST – Di tengah pandemi Covid-19 ini penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan. Namun, apakah Anda sudah mencuci tangan benar dan tidak melakukan kesalahan?

Virus corona yang saat ini sedang menyebar memang membuat orang-orang panik karena takut ikut tertular. Beragam upaya pun dilakukan untuk mencegah penularan virus mematikan ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu hal penting dalam upaya pencegahan penularan virus corona yang saat ini masih menyebar di Indonesia.

Meski cuci tangan adalah kegiatan yang sangat sederhana dan mudah, namun ternyata masih saja ada sebagian orang yang kurang memperhatikan bagaimana melakukannya dengan cara yang benar.

Alhasil, tangan pun tidak bersih maksimal akibat mencuci tangan dengan cara yang salah dan asal-asalan.

Ada baiknya, Anda meluangkan waktu beberapa detik saja untuk mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar.

Di artikel kali ini kami telah menyiapkan ulasan mengenai kesalahan-kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan ketika cuci tangan.

Langsung saja, berikut ini kesalahan-kesalahan ketika cuci tangan yang mungkin tidak Anda sadari.

Kesalahan Mencuci Tangan

Terlalu terburu-buru

Kesalahan pertama yang mungkin sering Anda lakukan saat tangan yakni selalu terburu-buru.

Mencuci tangan terlalu singat dan terburu-buru merupakan hal yang tidak akan efektif dalam membersihkan tangan dari bakteri dan kuman yang menempel pada permukaan kulit.

Setidaknya, Anda memerlukan waktu 20 detik untuk mencuci tangan supaya sabun punya waktu untuk membasmi kuman dengan baik.

Tidak memakai sabun

Nah, apakah kesalahan saat mencuci tangan yang satu ini sering Anda lakukan? Jika iya, jangan lagi dilakukan ya.

Jika Anda tidak menggunakan sabun saat mencuci tangan, tentu kotoran-kotoran yang menempel tidak akan bersih menyeluruh.

Sabun mengandung senyawa yang disebut dengan surfaktan. Senyawa tersebut bisa membersihkan kotoran, virus dan bakteri dari tangan.

Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu mencuci tangan sabun supaya tangan benar-benar bersih dari kuman, virus, dan bakteri yang terdapat pada tangan.

Ada beberapa bagian yang terlewat

Ketika mencuci tangan, sangat penting untuk menggosoknya secara menyeluruh agar kuman dan kotoran benar-benar hilang.

Kesalahan saat cuci tangan biasanya dilakukan ketika Anda melewatkan beberapa bagian, teruatama punggung tangan, sela-sela jari tangan, dan bagian bawah kuku.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang benar dan membersihkan juga bagian-bagian yang sering terlewat.

Tidak mengeringkan tangan

Sepele memang, namun hal yang satu ini pentig untuk dilakukan. Kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan ketika mencuci tangan adalah tidak mengeringkan tangan setelah selesai mencucinya.

Jika langkah dilewati, walaupun sudah mencuci tangan dengan benar tapi Anda tidak mengeringkannya, hal tersebut dapat menjadi pemicu perkembang biakan bakteri.

Bakteri dan kuman ternyata senang berkembang biak dalam air, termasuk di tangan Anda yang masih dalam keadaan basah.

Tak hanya itu saja, jika tangan Anda masih basah karena tidak mengeringkannya setelah mencuci tangan, ternyata dapat membuat mikroba di benda-benda yang Anda sentuh rentan berpindah ke tangan.

Memegang keran yang penuh kuman usai cuci tangan

Setelah mencuci tangan, ada baiknya Anda jangan memegang keran secara langsung karena bisa membantu penyebaran virus dan bakteri.

Untuk itu, jika Anda mencuci tangan lalu menyentuh gagang keran setelahnya, berarti Anda masih bisa mengekspos diri pada bakteri-bakteri itu.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan handuk, kertas atau tisu untuk mematikan keran air.

Untuk menjaga kebersihan benda-benda di rumah, Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan secara teratur.

Pakai pengering tangan

Menggunakan pengering tangan atau hand dryer merupakan kesalahan berikutnya dalam mencuci tangan.

Ternyata memakai alat pengering tangan dapat membuat kuman berkembang biak. Hal tersebut karena ketika mengeringkan tangan dengan alat pengering, ternyata tangan kita tidak benar-benar kering sempurna.

Alhasil, hal tersebut menjadi pemicu perkembang biakan kuman. Ada baiknya untuk menggunakan tisu ketika hendak mengeringkan tangan.

Akan tetapi, jika tetap ingin menggunakan alat pengering, keringkanlah tangan dengan benar.

Itu dia, teman-teman kesalahan-kesalahan saat mencuci tangan yang harus Anda ketahui agar nantinya tidak mengulang kesalahan yang sama dan paham cara yang benar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan