Minggu, 12 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Membuat cairan disinfektan sendiri di rumah ternyata bisa lho, dan cara pembuatannya gampang banget untuk dipraktekan.

Tak perlu dengan bahan yang mahal dan cara yang ribet, cairan disinfektan dapat dibuat dengan mudah dari cairan pemutih baju.

Berdasarkan penelitian, virus corona bisa hidup di permukaan benda-benda yang kerap kita sentuh selama beberapa hari.

Dengan menyemprotkan cairan disinfektan, benda-benda di sekeliling rumah dapat steril dari kuman, bakteri dan virus karena kandungan chlorin di dalamnya.

Apalagi di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang kian merebak di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Penyebarannya yang sangat cepat membuat kita harus melakukan beberapa upaya pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Upaya pencegahan Covid-19 itu seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, tidak sering menyentuh mata dan hidung, jangan pergi ke negara terjangkit, hindari keramaian dan jangan keluar rumah jika memang tidak benar-benar mendesak.

Di tengah wabah virus corona ini, stok hand sanitizer dan masker memang semakin menipis karena banyak dicari dan dibutuhkan orang-orang, bahkan harganya serentak melonjak naik.

Selain hand sanitizer dan masker, mungkin saat ini disinfektan menjadi salah satu produk yang diburu oleh masyarakat dalam menangkal virus corona di rumah mereka.

Kemungkinan harganya ikut melonjak naik bisa saja terjadi. Tapi tak usah risau, karena Anda dapat dengan mudah membuat cairan disinfektan di rumah menggunakan alat dan bahan sederhana.

Disinfektan dapat dibuat dengan bahan yang memiliki kandungan natrium hipoklorit seperti yang terdapat pada cairan pemutih pakaian yang mungkin sebelumnya sering Anda gunakan,

Meski begitu, takaran dalam pembuatan disinfektan ini harus diperhatikan. Karena disinfektan yang terbuat dari cairan pemutih mempunyai sifat kaustik yakni mampu membuat kulit iritasi dan rusak.

Selain itu, cairan pemutih yang dibuat sebagai disinfektan buatan takarannya harus pas, sebaiknya konsetrasi sodium hipoklorit-nya jangan terlalu tinggi.

Cara Membuat Disinfektan

Perhatikan dengan baik cara-caranya, jangan sampai ada yang terlewat dan tidak mengikuti prosedur yang sudah ada.

Alat dan bahan

1 botol kaca atau plastik
1 gelas ukur lap flanel atau kain microfiber
30 ml cairan pemutih
Masker N95
Sarung tangan karet
Air bersih

Proses pembuatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni gunakan sarung tangan karet dan masker. Setelah itu, memasukkan 30 ml cairan pemutih yang sudah disiapkan tadi ke dalam botol plastik atau kaca yang ada.

Kemudian, masukkan air bersih ke dalam botol berisi cairan pemutih. Takarannya, 30 ml cairan pemutih untuk 1 liter air, lalu aduk sampai tercampur merata. Cairan disinfektan yang Anda buat siap untuk disemprotkan di sekitar rumah.

Setelah membuat cairan disinfektan dengan cara mudah tadi, perlu diperhatikan beberapa tips penggunaannya agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Ketika hendak menggunakan cairan disinfektan, semprotkanlah di ruangan-ruangan terbuka atau ruangan yang ventilasi udaranya baik dan ideal.

Hal tersebut sangat penting dilakukan karena cairan disinfektan yang Anda buat dari cairan pemutih mempunyai konsentrasi yang cukup tinggi serta mengeluarkan uap beracun.

Jadi, hindarilah menyemprotkan cairan disinfektan di ruangan yang tertutup dan memiliki ventilasi yang buruk karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Penggunaan sarung tangan dan msker juga sangat penting untuk mencegah ada cairan disinfektan yang tumpah.

Itu dia teman-teman, cara membuat cairan disinfektan dari cairan pemutih pakaian yang bisa Anda praktekan. Ingat, cairan disinfektan bukan untuk cuci tangan atau disemprotkan ke bagian tubuh manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,363FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan