Rabu, April 1, 2020

Stok Menipis, Ini Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri Untuk Cegah Corona

Cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah ternyata bisa lho, teman-teman. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat sebagai upaya mencegah virus corona yang merebak di berbagai negara termasuk di Indonesia.

World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia kini telah menaikkan status virus corona menjadi pandemi.

Sontak saja semenjak kabar mengenai virus corona atau Covid-19 yang mulai menjangkit sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) tentu saja menimbulkan rasa panik dan cemas warga lain yang takut tertular.

Oleh sebab itu, beberapa upaya pencegahan penularan pun dilakukan untuk menangkal virus ini. Pertama adalah menerapkan sosial distancing yang berarti harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang-orang.

Kedua, cuci tangan dengan sabun hingga bersih dan lakukan dengan rutin serta teratur. Ketiga, Jangan terlalu sering menyentuh hidung, mata, dan mulut untuk menjaga agar virus tidak masuk ke dalam tubuh.

Keempat, hindari sementara untuk pergi ke tempat yang ramai atau ke negara yang terjangkit corona. Kelima, jika sudah merasakan gejala-gejala seperti virus corona segeralah periksakan diri ke dokter.

Selain dengan mencuci tangan, banyak warga yang menggunakan hand sanitizer atau antiseptik sebagai alternatif untuk membersihkan tangan dengan mudah.

Sayangnya, mereka yang panik dan takut tertular tidak segan untuk membeli hand sanitizer dalam jumlah banyak sehingga stoknya mulai langka di pasaran.

Hampir sama dengan hand sanitizer, masker pun demikian. Kabarnya banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menimbun masker dan hanitizer untuk menaikkan harganya demi meraup keuntungan yang lebih banyak.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang ini ada cara bikin hand sanitizer sendiri di rumah dengan alat dan bahan yang tentunya mudah ditemukan.

Jika belum mengetahuinya, di artikel kali ini Rancah Post telah berhasil merangkumnya dari Tribunnews.com mengenai cara-cara membuat hand sanitizer sesuai menggunakan bahan alami

Cara Membuat Hand Sanitizer

Langsung saja, berikut ini cara-cara pembuatan hand sanitizer yang mudah dan praktis.

Alat dan bahan:

3/4 Isopropil atau alkohol gosok yang kandungan alkoholnya 99%
1/4 gel lidah buaya yang berfungsi untuk membuat tangan tetap halus akibat kerasnya alkohol
10 tetes minyak esensial (minyak lavender, minyak pohon teh, atau perasan jeruk lemon)
Mangkuk kecil, sendok, dan botol semprot kosong yang sudah dibersihkan

Proses pembuatan:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni menyiapkan sebuah mangkuk kecil dan sendok, lalu masukkan 10 tetes minyak esensial dan gel lidah buaya sebanyak 1/4, aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Langkah kedua, masukkan isopropil sebanyak 3/4 jika semua bahan tadi sudah benar-benar tercampur rata. Kemudian Anda bisa mengaduknya kembali hingga merata, kira-kira 10 detik. Pilihlah aroma minyak esensial sesuai dengan yang Anda suka.

Langkah keempat, pindahkan gel hand sanitizer yang sudah jadi kedalam botol bersih. Sebelum itu, pastikan dulu semuanya sudah diaduk sampai rata.

Untuk memberikan tanda pada botol yang berisi hand sanitizer, Anda bisa bisa menempelkan label dan memberi nama “hand sanitizer”.

Itu dia, cara membuat hand sanitizer spray menggunakan bahan alami yang bisa Anda praktekan di rumah. Jangan lupa menggunakan proporsi dengan 2 : 1 untuk alkohol dan lidah buaya.

Hand sanitizer bisa digunakan jika keadaan tidak memungkinkan Anda mencuci tangan dengan air dan sabun atau tangan tidak terlihat kotor. Gunakanlah hand sanitizer dengan benar ya, teman-teman untuk membunuh kuman dan bakteri di tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,931FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,268PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan