Selasa, 2 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kuliner 7 Makanan yang Wajib Ada Saat Momen Lebaran Tiba

7 Makanan yang Wajib Ada Saat Momen Lebaran Tiba

Terdapat beberapa makanan yang sering dianggap wajib terhidang di meja makan saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Idul Fitri merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh semua muslim setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan selam kurang lebih 30 hari.

Biasanya hal-hal yang paling dirindukan saat hari Lebaran tiba adalah berkumpul dengan keluarga dan menikmati berbagai hidangan khas hari raya bersama-sama.

Selain itu, sembari menyantap hidangan yang lezat, kita saling mengobrol dan melepas kerinduan bagi mereka yang sebelumnya tinggal jauh dari keluarga.

Namun, momen istimewa di hari lebaran tahun ini sepertinya akan berbeda dari tahun-tahun yang lain.

Karena seperti yang sudah kita ketahui, berbagai negara di dunia termasuk Indonesia tengah dilanda virus corona (Covid-19).

Untuk itu, sebagai upaya pencegahan sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona, pemerintah berupaya menerapkan beberapa kebijakan, mulai dari physical distancing alias jaga jarak dan masyarakat yang merantau dilarang mudik.

Sebagai warga negara yang baik, agaknya kita harus menaati imbauan tersebut karena demi kebaikan bersama agar virus corona cepat mereda dan aktivitas pun kembali normal.

Kendati bulan suci Ramadan dan Lebaran di tengah pandemi, kita tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung dengan memanfaatkan teknologi canggih saat ini.

Bisa menelepon atau video call. Kita juga bisa tetap menikmati hidangan khas hari Raya dengan memasak sendiri di rumah.

Lantas, hidangan apa saja yang harus dan selalu hadir di hari raya? Berikut Rancah Post punya pembahasannya untuk Anda.

Makanan Wajib Saat Lebaran

Langsung saja, ini dia beberapa makanan khas Indonesia yang wajib ada di hari raya.

Ketupat

Makanan pertama yang biasanya wajib ada saat hari raya Idul Fitri adalah ketupat. Ya, makanan ini terbuat dari bahan dasar beras atau ketan yang selalu dirindukan terhidang di meja makan.

Rasanya kurang lengkap tanpa adanya ketupat saat Idul Fitri. Jika belum pernah membuat ketupat sendiri dan kali ini ingin mencobanya namun belum bisa, cobalah berselencar untuk mencari tahu cara membuat ketupat yang lezat, mulai dari bahan-bahan hingga cara memasaknya.

Opor ayam

Makanan yang wajib ada saat hari Lebaran selanjutnya adalah opor ayam. Kurang lengkap juga jika hanya ada ketupat tanpa adanya opor ayam untuk bersanding dengan ketupat di piring.

Selain di hari Lebaran, opor ayam memang sering dimasak di hari-hari biasa juga. Maka tak heran jika Anda sudah mahir dalam membuat makanan ini.

Opor ayam sendiri terbuat dari daging ayam, santan serta rempah-rempah lainnya. Cita rasa opor ayam yang lezat membuat makanan ini digemari banyak orang.

Semur daging

Siapa di sini yang makanan favoritnya semur daging? Tak heran, karena memang masakan ini sangat lezat dan menjadi salah satu hidangan yang dinanti-nanti untuk disantap di hari lebaran.

Biasanya semur daging juga menjadi salah satu makanan alternatif bagi mereka yang kurang begitu suka dengan opor ayam.

Semur daging yang dimasak empuk dan bumbunya merasap hingga ke dalam terasa nikmat saat disantap bersama keluarga di rumah.

Sambal goreng ati

Sambal goreng ati menjadi makanan selanjutnya yang wajib ada saat Lebaran. Makanan yang satu ini mungkin sering terhidang di hari-hari biasa.

Namun agaknya kurang lengkap tanpa adanya masakan yang terbuat dari ati sapi dan kentang ini.

Rasanya yang lezat akan semakin nikmat ketika disantap bersama keluarga di rumah. Cara membuat sambal goreng ati sapi juga sangat mudah lho, teman-teman.

Rendang

Rendang menjadi salah satu menu makanan spesial di hari raya. Makanan yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya ini sangat digemari banyak orang. Bahkan makanan yang berasal dari Padang ini sangat populer dan sudah mendunia.

Kacang goreng

Kacang goreng menjadi makanan berikutnya yang wajib ada saat Lebaran. Kacang goreng memang bukanlah termasuk makanan berat, dan lebih sering dikonsumsi sebagai camilan lezat.

Mungkin setiap orang orang memiliki cara membuat kacang goreng yang berbeda-beda. Namun apapun itu, camilan ini sangat nikmat disantap bersama sanak family.

Kue kering

Rasa kurang lengkap jika tidak ada kue kering untuk disantap di hari. Selain kacang goreng, camilan ini juga wajib ada saat Idul Fitri.

Kue kering banyak macamnya, seperti sagu keju, lidah kucing, nastar, kastengel, semprit dan masih banyak yang lainnya.

Nah, itu dia beberapa makanan yang wajib ada saat Lebaran. Selain makanan, yang terpenting saat Idul Fitri adalah saling bermaaf-maafan. Selamat Lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,628FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan