Senin, 1 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Membuat Ketupat Lebaran Lezat dan Tahan Lama

Cara Membuat Ketupat Lebaran Lezat dan Tahan Lama

RANCAH POSTCara membuat ketupat lebaran lezat dan tahan lama. Lebaran udah di depan mata nih Bun! Inilah waktunya kita untuk segara mempersiapkan hidangan istimewa untuk hari raya. Salah satu hidangan yang wajib ada saat lebaran tentunya adalah ketupat.

Terkadang kita selalu saja mengeluh jika membuat ketupat itu susah. Tapi jika kita tahu teknik dan cara membuatnya dengan benar, membuat ketupat lebaran tentunya bukan sesuatu yang sulit. Berikut ini beberapa cara membuat ketupat lebaran yang empuk dan juga tahan lama.

Takaran Beras
Beras yang akan dipakai untuk membuat ketupat lebih utama direndam 30 menit kemudian ditiriskan. Apabila Anda memakai beras pulen, isi 2/3 bagian saja dalam selongsong ketupat. Jika berasnya agak pera, isi 1/3 bagiannya saja.

Rebus dengan Panci Biasa
Jika Anda memakai panci biasa, pilihlah panci yang besar. Lalu isi air serta masak sampai air mendidih. Baru sesudah itu, masukkanlah ketupat yang telah diisi dengan beras. Jika air telah menyusut, masukkan lagi air mendidih agar suhunya tetap stabil.

Merebus dengan Panci Presto
Persiapkan panci presto yang telah diisi sengan air. Pastikan ketupat yang telah diisi beras terendam sempurna di dalam air. Lalu masak sampai mendidih yang ditandai dengan bunyi nyaring dari panci presto. Kecilkan apinya, lalu biarkan masak lagi 1 jam dengan menggunakan api sedang.

Cara Penyimpanan
Untuk membuat ketupat jadi tahan lama, Anda dapat menyimpan ketupat di dalam kulkas dengan cara membungkusnya memakai plastik lebih dahulu. Untuk menghangatkannya lagi, Anda dapat mengukusnya dan janga sampai direbus. Ketupat yang masih utuh akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan ketupat yang telah dipotong.

Nah, itulah beberapa tips dan juga cara membuat ketupat lebaran agar empuk dan tahan lama. Gimana, mudah bukan? Siap untuk membuat hidangan yang istimewa di hari Lebaran nanti? Selamat memasak Ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x