Resep Opor Ayam, Sajian Wajib Khas Lebaran yang Rasanya Nampol Abis

Resep Opor Ayam Sajian Wajib Khas Lebaran yang Rasanya Nampol Abis
Resep Opor Ayam Sajian Wajib Khas Lebaran yang Rasanya Nampol Abis

RANCAH POST – Nggak lengkap rasanya kalau di hari Lebaran nggak ada masakan yang khas dan identik dengan Idul Fitri. Ya, apalagi kalau bukan opor ayam.

Menu makanan yang satu ini paling enak kalau dimakan dengan ketupat. Rasa kuahnya yang gurih dipadukan dengan daging yang empuk dan ketupatnya yang mantap rasanya bikin ngiler.

Opor sendiri ada berbagai macam jenisnya. Mulai dari resep opor putih lebaran hingga opor kuning yang nggak kalah enak tentunya.

Memasak opor sendiri memang bukan merupakan perkara mudah, terlebih bagi mereka yang belum pernah membuatnya.

Untuk mempermudah proses masak memasak kalian, kali ini kami akan memberikan resep opor ayam lebaran enak yang mudah untuk diikuti.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja yuk simak bagaimana cara pembuatan dan apa saja bahan-bahannya. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya.

Resep Opor Ayam

Bahan-bahan:

1 kg ayam, potong sesuai selera
1 buah jeruk nipis
3 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
500 ml air panas
200 ml santan

Bumbu halus:

4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 cm kunyit, bakar
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
3 butir kemiri, sangrai
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya

Cara membuat:

Pertama, cuci bersih ayam yang tadi sudah dipotong-potong kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Selanjutnya, goreng potongan ayam tadi hingga berkulit. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, salam, lengkuas dan jahe. Aduk hingga tercampur rata.

Kemudian masukkan ayam dan aduk hingga seluruh bagian ayam terlumuri oleh bumbu. Tambahkan air panas dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Tuangkan santan dan aduk kembali hingga mendidih dan ayam empuk. Opor ayam pun siap untuk disajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Nah, itu tadi resep opor ayam sederhana yang mudah untuk diikuti. Gimana, benar-benar resep yang mudah bukan? Selamat mencobanya di rumah.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama