Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Segudang Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah mengkudu memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan kesehatan otak hingga kesehatan jantung.

Tentunya Anda sudah tidak asingb lagi dengan buah mengkudu. Karena memang buah ini banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia.

Buah berwarna hijau ini memang sudah dikenal dengan beragam manfaat yang terkandung di dalamnya. Tak jarang orang-orang mengkonsumsi buah ini untuk dijadikan sebagai obat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, buah mengkudu bisa diolah menjadi jus atau mengkonsumsi ekstrak mengkudu.

Buah mengkudu juga memiliki banyak manfaat dengan beberapa kandungan berbagai macam zat di dalam nya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh Anda yang telah Rancah Post rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Cegah kanker

Buah mengkudu ternyata memiliki manfaat, salah satunya membantu mencegah penyakit kanker.

Hal tersebut karena mengkudu mengnadung bebagai macam antioksidan yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jus buah mengkudu yntuk kesehatan ternyata bisa membantu meningkat daya tahan tubuh dengan kandungan vitamin C yang melimpah.

Vitamin C yang terkandung dalam buah mengkudu dapat membantu kerja sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Tak hanya itu, antioksidan seperti betakaroten di dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

Baik untuk pencernaan

Vitamin A, protein, kalisum, dan zat besi banyak terkandung dalam jus buah mengkudu. Beberapa kandungan tersebut adalah nutrisi peting bagi sistem pencernaan.

Tentu saja, manfaat buah mengkudu dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit.

Bantu redakan demam

Meski rasanya yang pahit, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah luar biasa dan dapat membantu meredakan demam.

Hal tersebut karena buah mengkudu memiliki sifat antivirus yang dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, dan batuk.

Turunkan kolesterol

Buah mengkudu dapat membantu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan air dan etanol yang bisa mngutangi kadar kolesterol dan triggliserida.

Kadar kolesterol darah yang meningkat bisa meningkatkan risiko kardiovaskular. Dengan begitu, risiko penyakit kardiovaskular (stroke, serangan jantung, dan lainnya) dapat menurun.

Membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan artritis

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat artritis.

Sejak dahulu, buah mengkudu memang sudah sering dugunakan sebagai obat tradisional yang membantu menghilangkan rasa sakit.

Berdasarkan suatu penelitian, sejumlah orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengkonsumsi 15 ml jus mengkudu dua kali setiap hari selama satu bulan.

Hasilnya, rasa sakit yang dialami mereka berkurang secara signifikan, bahkan sebanyak 60 persen partisipan mengatakan rasa sakit di leher mereka reda.

Menjaga kesehatan jantung

Jus mengkudu telah menunjukkan efek baik dalam menjaga kesehatan jantung dengan memperlancar aliran darah di arteri.

Tentunya hal ini juga membantu dalam mengatur tekanan darah yang dapat membuat jantung tetap sehat.

Meningkatkan fungsi otak

Buah mengkudu mengandung pytosterol yang berperan pencegah penyerapan kolesterol dalam jumlah tinggi.

Tentu saja hal ini dapat memungkinankan sirkulasi darah menjadi lebih baik, otak pun menjadi sehat, konsentrasi meningkat serta melindungi otak dari risiko arteri tersumbat.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Kendati bermanfaat, konsumsilah sesuai aturan dan jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,646FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x