Rabu, 15 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Jika ingin menjaga daya tahan tubuh tetap baik saat menjalani ibadah puasa, tentunya ada beberapa tips-tips yang harus Anda ketahui.

Daya tahan tubuh yang tetap terjaga dengan baik membuat kita dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar serta terhindar dari risiko serangan penyakit.

Ketika berpuasa, tubuh menahan lapar dan dahaga selama lebih daru 12 jam. Untuk itu, disarankan ketika sahur dan berbuka selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Hari ini, 24 April 2020 merupakan hari pertama bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Di bulan Ramadhan ini, tentunya Anda harus melewati hari-hari dengan penuh bersemangat.

Meski sedang berpuasa, jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan hingga enggan untuk melakukan aktivitas dengan alasan merasa lemas, pusing, lapar dan haus ditambah lagi dengan cuaca panas.

Tentu saja rasa lapar dan haus akan Anda rasakan karena Anda hanya boleh makan dan minum hanya pada saat sahur serta berbuka puasa saja.

Agar tubuh tetap sehat, ibadah puasa lancar dan terhindar dari serangan penyakit, di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Ketika berpuasa, imunitas tubuh mungkin saja menurun karena kurangnya asupan makanan serta minuman. Tak perlu khawatir, berikut tips-tips agar daya tahan tubuh terjaga selama berpuasa.

Selalu minum air putih yang cukup

Lebih dari 12 jam Anda tidak makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga nanti waktunya berbuka puasa.

Usahakan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Setidaknya minumlah 8 gelas air per hari.

Untuk menyiasatinya agar tetap bisa minum 8 gelas air setiap harinya, Anda bisa menerapkan pola 242.

Yang dimaksud pola 242 adalah minum air putih dua gelas ketika sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur.

Hindari kurang tidur

Tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa selanjutnya adalah hindari begadang dan usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam.

Manfaat tidur yang cukup memang baik untuk kesehatan, sebaliknya jika Anda kurang tidur dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan salah satunya meningkatkan hormon stres.

Hormon yang meningkat bisa menjadi pemicu reaks peradangan di dalam tubuh dan menekan fungsi imunitas tubuh untuk memerangi infeksi yang dapat membuat tubuh mudah terkena serangan penyakit.

Dengan tidur yang cukup Anda dapat beraktivitas dengan penuh semangat dan terhindar dari kesiangan saat bangun untuk makan sahur.

Memenuhi asupan nutrisi

Selalu memenuhi asupan nutrisi merupakan tips selanjutnya untuk menjaga daya tahan tubuh saaat puasa.

Memenuhi asupan nutrisi mulai dari karbohidrat, zinc, hingga vitamin C sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh.

Makanan yang bisa Anda konsumsi yang memiliki kandungan vitamin C seperti kiwi, apel, mangga, bayam, tomat, jeruk.

Sementera itu, daging ayam, daging sapi, sayuran berdaun hijau merupakan makanan yang memiliki kandungan zinc.

Mengelola stres

Stres yang terus terjadi dapat waktu yang lama dapat membuat daya tahan tubuh melemah.

Untuk itu, kelola stres yang mungkin saat ini sedang Anda alami untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik, terutama saat puasa.

Terdapat banyak cara mengatasi stres, seperti mendengarkan musik, meditasi, atau bisa juga memanfaatkan waktu di bulan Ramadan ini sebagai momen untuk melakukan kegiatan religi yang membuat hati dan perasaan tenang.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga daya tahan tubuh saat Anda menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,353FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan