Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Nggak Nyangka, Ternyata Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan Sangat Luar Biasa

Nggak Nyangka, Ternyata Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan Sangat Luar Biasa

RANCAH POST – Manfaat tidur cukup. Padatnya aktivitas yang dijalani terkadang membuat kita harus memangkas waktu tidur jadi lebih singkat. Bahkan janji untuk membayar waktu tidur di akhir pekan pun sulit direalisasikan.

Bisa jadi karena padatnya pekerjaan, mengurus rumah, keluarga, atau malah asyik nonton acara favorit. Padahal tidur adalah salah satu aktivitas penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Nggak cuma membuat wajah jadi lebih fresh dan rasa lelah hilang, tapi tidur cukup juga mempenyuai segudang manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tidur Cukup

Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan info mengenai manfaat tidur cukup untuk kesehatan. Yuk, langsung simak info lengkapnya disini.

Meningkatkan imun tubuh

Biasanya mendekati musim pancaroba tubuh akan mudah terserang penyakit seperti flu, pilek, asma dan sakit kepala. Untuk menghindari hal tersebut banyak orang yang mengonsumsi suplemen serta vitamin.

Padahal ladies juga bisa melakukan pencegahan dengan memerhatikan kualitas dan jam tidur lho. Karena penelitian yang sempat dilakukan oleh Medicine Sleep Center Amerika telah membuktikan bahwa tidur yang cukup membuat sistem imun berfungsi maksimal sehingga tubuh tidak rentan sakit.

So, mulai sekarang coba yuk mulai melakukan manajemen waktu yang lebih rapi agar jam tidurmu tidak terganggu ladies.

Bantu menurunkan berat badan

Banyak orang yang mengaitkan diet yang sukses dengan pola makan serta olahraga. Padahal ada aktivitas lain yang bisa mendukung program diet jadi lebih efektif lho, yakni tidur.

Sebuah penelitian menunjukan orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari akan cenderung lebih mudah mengalami kegemukan. Hal ini terjadi karena kurang tidur bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan memengaruhi nafsu makan.

Umur panjang

Ladies ingin hidup lebih berkualitas dan berumur panjang? Coba mulai perhatikan kualitas tidur kamu deh. Karena tidur yang cukup dan berkualitas mampu memberi efek luar biasa pada kondisi tubuh.

Sebaliknya, tidur yang kurang bisa memperburuk tekanan darah dan kolesterol di mana kedua hal ini akan menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung. Untuk mengatasinya coba tidur selama 7-8 jam setiap malam agar kondisi jantung jadi lebih sehat.

Meningkatkan konsentrasi

Berkualitas atau tidaknya tidur seseorang akan berpengaruh terhadap kinerja otak. Jadi jangan heran kalau ladies merasa kurang fokus dan sulit mengambil keputusan saat kurang tidur. Tidur yang cukup mampu meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi kognitif otak lho.

Mengurangi stres

Tidur yang cukup dan berkualitas mampu membangkitkan mood seseorang jadi lebih baik dan menjaga tingkat emosional.

Hal berbeda tentu akan terjadi saat seseorang mengalami kurang tidur, karena tidur sangat berpengaruh terhadap senyawa dalam tubuh, salah satunya serotonin.

Jika level serotonin berkurang, otomatis ladies akan cenderung mudah merasa depresi serta membuat mood berantakan.

Nah ladies, itu tadi beberapa manfaat tidur cukup untuk kesehatan yang akan kamu peroleh. Gimana, sangat luar biasa bukan manfaatnya?

Tidur bukan hanya sekedar pelepas rasa lelah saja, tetapi juga berfungsi sebagai sumber pengembalian energi yang sudah terpakai selama seharian.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan