Kamis, 4 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Tips Memilih Menu Sahur Sehat

7 Tips Memilih Menu Sahur Sehat

Tidak terasa kita sudah melewati pertengahan bulan suci Ramadan. Namun jangan lupa untuk selalu memilih menu sahur sehat dengan tips-tips yang benar.

Sebaiknya jangan sampai melewatkan makan sahur, karena waktu ini merupakan waktu yang tepat dan penting untuk memberi cadangan tenaga dari makanan yang kita konsumsi.

Selain itu, memilihi menu makan sahur yang tepat juga tak kalah penting. Dengan begitu, kita bisa kuat dan lancar untuk menjalankan ibadah puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Jika sembarangan dalam mengkonsumsi makanan yang sebaiknya dihindari, risiko ngantuk dan mudah lemas bisa terjadi. Alhasil, aktivitas Anda pun menjadi terganggu.

Karena meski sedang berpuasa, sebaiknya Anda tidak bermalas-malasan atau tidur berlebihan. Karena tidur yang berlebihan saat puasa sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, bisa dengan bertadarus Al-Quran, berdzikir, beres-beres rumah, menyelesaikan tugas-tugas, dan lain sebagainya.

Agar puasa lancar, berikut Rancah Post telah menyiapkan beberapa tips-tips menu sahur sehat yang harus Anda ketahui.

Tips Memilih Menu Sahur

Pilih menu yang mengandung karbohidrat kompleks

Tubuh sangat memerlukan karbohidrat untuk dijadikan sumber enegeri selama kita menjalankan puasa. Karbohidrat kompleks dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Selain nasi putih, beberapa sumber karbohidrat kompleks bisa Anda peroleh dari nasi merah, oatmeal, roti gandum dan lain sebagainya.

Cukupi asupan protein

Tips memilih menu sahur sehat berikutnya adalah jangan lupa untuk mencukupi asupan protein yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi saat berpuasa.

Portein bisa memberi energi secara konstan bagi tubuh. Protein juga tidak membuat tubuh merasa cepat lapar.

Protein dapat diperoleh dari protein nabati, mulai dari susu kedelai, tahu, dan tempe. Sementara itu, daging, ikan, telur, dan susu dapat dijadikan sebagai sumber protein hewani.

Jangan lupa konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur selama bulan Ramadan atau hari-hari biasa tentu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Ketika mengkonsumsi buah dan sayur, energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa akan terbantu terpenuhi.

Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah susah buang air besar alias sembelit.

Hindari mengkonsumsi makanan instan

Tips memilih menu sahur sehat selanjutnya adalah usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan-makanan instan.

Selain karena mengandung pengawet yang tidak sehat, makanan instan dapat memberikan rasa kenyang sementara sehhingga kurang pas jika dikonsumsi saat sahur.

Hindari makanan yang terlalu asin atau manis

Mengkonsumsi air putih dengan cukup sangat baik untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Sebaiknya hindarilah makanan dan minuman yang terlalu manis dan asin.

Minuman manis dan makanan asin juga manis dapat membuat Anda cepat merasa haus. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi kafein karena bersifat diuretik.

Tidak mengkonsumsi gorengan

Ketika hendak menyiapkan menu untuk makan sahur, sebaiknya hindarilah menyajikan gorengan di atas meja. Makan goengan dapat membuat rasa haus meningkat karena kandungan minyak di dalamnya.

Sebaiknya menghindari makanan pedas

Makanan pedas yang dikonsumsi saat sahur tentu tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak, tentu dapat menyebabkan diare dan bisa membuat tubuh dehidrasi.

Demikian beberapa tips memilih menu sahur yang sehat. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,599FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x