Kamis, 4 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Sedang Puasa

Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Sedang Puasa

Meski sering dikatakan sebagai ibadah, namun ternyata tidur terlalu lama saat menjalankan ibadah puasa bisa menimbulkan bahaya yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Ladies, berpuasa selama bulan suci Ramadan bukan menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan, berbaring di tempat tidur, dan tidak menjalankan aktivitas apapun.

Tidur memang mempunyai banyak manfaat bagi tidur, dan tidur saat puasa sering disebut sebagai ibadah, namun jangan terlalu berlebihan juga.

Ingat ladies, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh. Tidur berlebihan saat puasa juga akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa

Berikut ini beberapa bahaya jika Anda tidur terlalu lama ketika berpuasa yang telah Rancah Post rangkum dari berbagai sumber.

Turunkan daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat sangatlah penting, agar tubuh tidak mudah terserang berbagai virus dan penyakit.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sebaiknya teman-teman tidak tidur terlalu lama saat puasa karena bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Dengan begitu beberapa penyakit seperti flu hingga batuk akan lebih mudah menyerang pada mereka yang tidur terlalu berlebihan.

Beberapa makanan peningkat daya tahan tubuh bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan.

Membuat berat badan naik

Selain menurunkan daya tahan tubuh, bahaya tidur terlalu lama saat puasa juga bisa membuat berat badan mengalami kenaikan.

Tanpa kita sadari, mereka yang ‘hobi’ tidur dalam waktu yag lama bisa meningkatkan kadar lemak di tubuh secaar perlahan. Alhasil, kenaikan berat badan pun akan mudah terjadi.

Jika berat badan terus naik dan Anda mengalami kegemukan akibat tidur yang berlebihan ketika puasa bisa menyebabkan risiko obesitas dan penyakit lainnya.

Untuk itu, usahkan untuk menerapkan pola tidur yang baik. Tidur yang cukup, tidak kurang ataupun lebih tentu akan berdampak baik bagi tubuh.

Tubuh jadi lemas

Bahaya tidur terlalu lama saat berpuasa berikutnya adalah akan membuat tubuh Anda terasa lemas. Kebiasaan tidur yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi lebih fasif.

Hal tersebut mengakibatkan otot dan anggota tubuh lain tak bisa berfungsi dengan optimal, alhasil tubuh pun mudah terasa lemas.

Selain itu, tidur terlalu lama ketika berpuasa bisa membuat tubuh tidak bisa melakukan metabolisme secara maskimal.

Dengan begitu, tubuh yang lemas membuat mereka semakin malas untuk beraktivitas. Kalau begitu, waktu Anda pun terbuang hanya dengan rebahan di kasur.

Tidak baik bagi kesehatan jantung

Kesehatan jantung akan terganggu apabila Anda tidur lama saat berpuasa. Menurut penelitian menyebutkan jika tidur lebih dari 8 jam bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Tak hanya itu saja, jika Anda punya kebiasaan tidur terlalu banyak dapat mempunyai risiko terkena angina (nyeri dada) dua kali lebih tinggi.

Kondisi ini disebabkan oleh aliran darah ke jantung yang kurang. Penelitian lain juga mendukung pernyataan ini, bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko 34 persen lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Tingkatkan risiko depresi

Bahaya tidur terlalu lama saat menjalankan puasa selanjutnya adalah bisa meningkat risiko seseorang mengalami depresi.

Berdasarkan penelitian, tidur yang berlebihan erat kaitannya dengan gejala depresi dan kecemasan. Mereka yang memiliki kebiasaan tidur lebih dari 10 jam akan mempunyai kesehatan mental yang tak baik.

Itu dia beberapa bahaya apabila Anda tidur terlalu lama saat puasa. Sebaiknya jadikanlah bulan suci Ramadan sebagai momen bagi Anda untuk memperbanyak ibadah, mulai dari tadarus Al-Quran, bersedekah, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,598FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x