Minggu, Maret 29, 2020

Sering Tidur Terlalu Lama? Waspada 5 Bahaya Ini

Seperti halnya kurang tidur, tidur dalam waktu nyang terlalu lama juga bisa mengakibatkan bahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui, tidur menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu setelah melakukan aktivitas padat seharian.

Karena secara umum, tidur memang menjadi cara yang paling baik untuk membuat kondisi tubuh menjadi pulih dan bugar setelah lelah seharian.

Untuk itu, kalian memerlukan waktu yang cukup untuk bisa kembali bugar keesokan harinya. Karena jika kurang tidur, Anda akan sulit berkonsentrasi, bisa memperngaruhi kecantikan bahkan bisa menimbulkan penyakit yang serius.

Selain itu, kalian juga akan merasakan kantuk di siang hari sehingga aktivitas seperti bekerja, belajar atau yang lainnya terganggu.

Anda tentu tidak ingin bukan tidak tampil prima hanya karena kurang tidur? Namun sama halnya dengan kurang tidur, terlalu sering tidur (lebih dari 9 jam) juga berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Lalu, apa saja bahaya? Di artikel kali ini kami telah menyiapkan pembahasan mengenai bahaya seorang tidur dalam waktu yang lama.

Bahaya Tidur Terlalu Lama

Langsung saja, berikut ini beberapa bahaya yang mengintai Anda jika tidur dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan depresi sampai kematian.

Depresi

Orang yang memiliki gangguan tidur tidur seperti insomnia sangat erat kaitannya dengan gejala depresi. Sebanyak 15% seseorang yang menderita depresi yang juga memiliki permasalahan dalam waktu tidur, yakni terlalu lama tidur.

Tidur dalam waktu yang terlalu lama biasanya sering terjadi pada mereka yang menderita depresi di usia dewasa muda atau si penderita bipolar.

Tak hanya itu, terlalu banyak tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab daya ingat menurun, timbulnya rasa cemas dan sering mudah lelah.

Sebaiknya lebih perhatikan lagi untuk memiliki waktu tidur yang cukup, karena dengan waktu tidur yang baik dapat menyembuhkan depresi.

Mengakibatkan naiknya berat badan

Bahaya tidur terlalu lama selanjutnya dala bisa mengakibatkan berat badan naik. Hal tersebut karena tubuh akan lebih banyak menyimpan lemak dan sangat kecil kemampuan untuk menghilangkan lemak tersebut.

Mereka yang tidur terlalu lama lebih dari 10 jam memiliki peluang lebih besar untuk menjadi gemuk dibandingkan seseorang yang tidurnya hanya 7-8 jam.

Sakit kepala

Seperti halnya kurang tidur, tidur terlalu lama juga bisa menjadi salah penyebab pusing dan sakit kepala yang Anda rasakan.

Apakah Anda sering merasakan hal tersebut? Jika ia, pusing dan sakit kepala yang Anda rasakan itu disebabkan oleh waktu tidur yang terlalu berlebihan sehinga memengaruhi neurotransmiter di otak dan tingkat serotonin Anda.

Diabetes

Bahaya tidur terlalu lama selanjutnya adalah bisa menimbulkan penyakit diabetes. Seseorang yang tidur lebih dari 9-10 jam pada malam hari akan lebih berisiko terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang punya jam tidur normal.

Untuk itu, lebih perhatikan lagi waktu tidur Anda jika tidak ingin berisiko mengalami penyakit diabetes. Jangan kurang dan juga tidak berlebihan.

Sakit punggung

Sakit punggung akan dirasakan oleh orang yang tidur terlalu lama, apalagi tidur dalam posisi yang tidak tepat sehingga dapat membuat kekauan otot dan meningkatkan rasa sakit.

Sebaiknya, Anda yang menderita sakit punggung lebih bijaklah dalam tidur, jangan terlalu lama atau kurang dan rajinlah berolahraga.

Itu dia teman-teman beberapa bahaya tidur terlalu lama yang bisa mempengaruhi kesehatan dan bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit yang serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,948FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan