Kamis, 4 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Kesalahan Sepele yang Dilakukan Saat Berbuka Puasa

6 Kesalahan Sepele yang Dilakukan Saat Berbuka Puasa

Tak sedikit orang yang mungkin tidak menyadari melakukan beberapa kesalahan saat berbuka puasa, entah itu soal minuman atau makanan yang dikonsumsi.

Bahkan kebiasaan-kebiasaan tersebut sering dianggap sepele namun ternyata merupakan sebuah kesalahan yang sebaiknya tidak lagi Anda lakukan.

Jika Anda terus melakukannya, tentu dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh kita selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Beberapa orang menjadikan momen berbuka sebagai ajang ‘balas dendam’ usai menjalankan puasa seharian penuh, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Kita memang dianjurkan untuk menyegerakan buka puasa, akan tetapi perhatikanlah makanan atau minuman dan porsi yang akan dikonsumsi.

Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang baik dikonsumsi saat bulan puasa. Jangan sampai malah mengkonsumsi makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat, tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Kita pun dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Untuk itu, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa kesalahan saat berbuka puasa yang mungkin sering Anda lakukan setiap hari.

Kesalahan Saat Berbuka Puasa

Langsung saja, berikut ulasannya untuk Anda yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Makan dan minum minuman yang manis terlalu banyak

Perlu Anda ketahui, kadar gula dalam darah memang rendah ketika kita menjalankan puasa, maka tidak heran jika kita merasa lemas ketika seharian berpuasa.

Untuk itu, makan makanan yang mengandung gula atau makanan manis sering terhidang di meja makan saat berbuka puasa.

Karena memang, mengkonsumsi gula saat buka puasa dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang.

Namun sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang cukup dan jangan terlalu berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

Makan dengan terburu-buru

Kesalahan saat berbuka puasa selanjutnya adalah makan dengan terburu-buru. Meski harus menyegerakan untuk berbuka, bukan berarti Anda makan dengan terburu-buru.

Jika kebiasaan ini sering dilakukan, bukan hanya mudah tersedak yang akan Anda alami, namun juga bisa menyebabkan perut kembung dan cegukan.

Tak hanya itu hanya, terlalu terburu-buru mengkonsumsi makanan lalu kita belum mengunyah dengan benar akan membuat kerja organ pencernaan bertambah berat.

Minum air dingin

Rasa haus yang begitu terasa sedari siang membuat Anda ingin menghilangkan saat berbuka puasa dengan minum minuman yang dingin atau berbagai olahan menu es.

Meski nikmat dan menyegarkan, namun ternyata air dingin yang Anda minum dapat berdampak tak baik bagi lambung dan bisa memicu kontraksi hebat pada lambung.

Hal tersebut disebabkan oleh lambung yang seolah kaget dengan perbedaan suhu yang cukup signifikan, apalagi sebelumnya perut dalam keadaan kosong selama berjam-jam.

Untuk itu, sesuaikan minuman yang akan Anda konsumsi ketika berbuka. Air putih hangat untuk berbuka puasa bisa menjadi pilihan yang baik.

Mengkonsumsi makanan pedas dan asam

Kesalahan saat berbuka puasa selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan-makanan pedas dan asam.

Akan tetapi kebiasaan ini sebaiknya harus dihindari, lambung akan menjadi kaget dengan beberapa makanan pedas dan asam yang Anda konsumsi.

Bahkan, bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dan memicu penyakit-penyakit lain seperti maag dan diare yang tentunya dapat membuat Anda tidak nyaman.

Makan kurma dalam jumlah berlebihan

Manfaat kurma yang dikonsumsi saat buka puasa memang sangat baik. Namun sebaiknya perhatikan jumlah yang akan dikonsumsi dan jangan terlalu berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan

Ada baiknya konsumsilah buah kurma secukupnya saja, misalnya 3-4 butir kurma saat berbuka puasa. Jika berlebihan, buah kurma justru dapat menambah kalori secara dratis di tubuh.

Langsung makan berat

Kesalahan dalam berbuka puasa yang satu ini mungkin sering Anda lakukan, yakni langsung makan berat seperti makan nasi.

Jika hal tersebut dilakukan, tentu lambung akan kewalahan dalam melakukan kerja. Alhasil, perut menjadi mual, kembung, dan terasa perih.

Sebaiknya, konsumsi nasi atau makanan berat lainnya satu atau dua jam setelah Anda berbuka puasa.

Nah itu dia, beberapa kesalahan saat berbuka puasa yang mungkin sering Anda lakukan. Sebaiknya segera hindari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,598FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan