Cobalah untuk memilih menu makanan dengan tepat dan jangan mengkonsumsi makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Ramadan telah tiba, sahur menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan dan diusahakan jangan sampai terlewatkan.

Hal tersebut karena makan sahur penting untuk mendapatkan asupan energi selama Anda menjalani ibadah puasa dari mulai terbit fajar hingga saatnya berbuka.

Menjalani puasa bukan alasan untuk seseorang bermalas-malasan dan tidak melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya. Saat puasa memang tubuh akan merasa haus, lapar, mungkin juga lemas.

Untuk itu, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral saat sahur dapat memberikan asupan energi dan rasa kenyang lebih lama.

Sebaliknya, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

Makanan yang Dihindari Saat Sahur

Apa saja makanan-makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur? Berikut Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang untuk dikonsumsi apalagi saatu masih hangat, mulai dijadikan sebagai camilan hingga teman nasi.

Akan tetapi, sebaiknya hindari mengkonsumsi gorengan ketika sahur karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan ketika menjalani puasa.

Makan gorengan saat sahur bisa membuat perut terasa embung dan begah. Selain itu, kandungan minyak di dalam gorengan dapat meningkatkan rasa haus di siang hari.

Sambal

Makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sahur selanjutnya adalah sambal. Tak hanya gorengan, sambal juga menjadi salah satu menu pelengkap saat makan.

Kendati demikian, sebaiknya tunda dulu makan sambal ketika makan sahur. Hal tersebut karena rasa pedas dari sambal bisa menyebabkan perut terasa panas hingga kembung.

Apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak, tentunya dapat menimbulkan diare yang bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Makanan manis

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan manis mulai dari gula dan olahannya saat sahur. Makanan manis seperti cokelat, permen, atau roti manis dapat mempercepat timbulnya rasa lapar.

Selain itu, mengkonsumsi makanan manis dan olahannya dapat meningkatkan rasa lapar serta meningkatkan keinginan untuk makan secara berlebihan, alhasil berat badan pun melonjak.

Makanan yang kandungan garamnya tinggi

Selain makanan manis, makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur selanjutnya adalah makanan dengan kandungan garam yang tinggi alias makanan asin.

Hal tersebut karena makanan asin dapat membuat rasa lapar meningkat karena untuk memprosesnya membutuhkan energi yang lebih tinggi.

Selain itu, makanan asin juga dapat menjadi pemicu rasa haus dan timbulnya dehidrasi. Makanan yang termasuk memiliki banyak kandungan garam yakni makanan olahan seperti camilan asin, ikan asin, atau acar.

Kopi

Minum segelas kopi memang nikmat apalagi ditemani dengan camilan yang lezat. Namun sebaiknya hindari minum kopi saat sahur karena kandungan kafeinnya yang tinggi bersifat diuretik.

Apabila Anda tetap minum kopi ketika sahur dapat mempercepat laju urinasi yang membuat kadar urine meningkat. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan rasa haus yang berlebihan ketika berpuasa.

Minuman bersoda

Selain kopi, minum soda saat sahur juga harus dihindari. Hal ini karena soda memiliki kandungan gula dalam jumlah besar yang dapat membuat rasa haus ketika berpuasa semakin meningkat.

Nah itu dia teman-teman, beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sahur.

Tak hanya itu saja, hindari juga mengkonsumsi makanan berlebihan, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply