RANCAH POSTMakanan bergizi untuk ibu hamil selama puasa. Pada saat memasuki bulan Ramadhan seluruh umat Muslim di dunia diwajibkan untuk berpuasa. Baik dari anak kecil hingga orang dewasa. Orang yang tidak berpuasa merupakan orang-orang tertentu, seperti menstruasi, sakit ataupun yang lainnya. Namun bagi wanita yang sedang menyusui atau hamil dapat berpuasa atau juga tidak. Tergantung dengan kekuatan sang ibu. Bagi ibu hamil yang ingin berpuasa harus mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang lebih dari hari biasanya. Jika kondisi ibu hamil kuat dan sehat, ibu tersebut dapat berpuasa. Namun jika ibu hamil mengalami gangguan morning sickness, pendarahan atau gangguan lain disarankan untuk tidak berpuasa.

Gizi ibu hamil lebih banyak dibanding dengan ibu biasanya, ini dikarenakan ibu hamil mempunyai dua tubuh yang harus dipenuhi asupan nutrisinya, yakni ibu hamil sendiri dan janin yang ada di dalam kandungannya. Ibu hamil biasanya akan memiliki porsi yang lebih pada saat sahur maupun buka puasa. Untuk makanan pokok sang ibu hamil dalam sehari sebanyak 6 piring. Makanan bergizi untuk ibu hamil dapat berupa nasi, roti, mie, dan serealia. Dalam sehari ibu hamil harus mengkonsumsi sayuran sebanyak 3 mangkok, dapat berupa sup atau lalapan. Untuk buahnya merupakan buah yang mengandung banyak serat dan sebanyak 4 potong atau dapat lebih. Agar ibu hamil menjadi lebih kuat dalam sehari konsumsilah susu, keju atau yoghurt sebanyak 2 gelas.

Lauk-pauk untuk ibu hamil dapat berupa kacang kacangan, telur, ikan, daging dan ayam dan dalam sehari konsumsi 3 potong. Untuk minyak sendiri jangan terlalu banyak yakni hanya 5 sendok per hari. Agar gizi ibu hamil dapat terjaga, dalam sehari ibu hanya diperbolehkan mengkonsumsi gula sebanyak 2 sendok makan. Kebutuhan-kebutuhan gizi ibu hamil di atas dapat Anda sesuaikan atau Anda jadwal dengan menu makan sahur, berbuka, dan juga makan malam. Buatlah pola makan yang tepat seperti orang pada umumnya, hanya diganti porsi atau waktu makanannya. Jangan lupa juga mengonsumsi vitamin atau suplemen khusus ibu hamil agar kesehatan tubuh ibu dan janin terjaga.

Ketika berpuasa sang ibu hamil akan memiliki perut yang kosong selama sekitar 15 jam, oleh karena itu jangan mengkonsumsi makan yang pedas saat sahur. Karena makanan yang pedas atau asam akan membuat lambung Anda teriritasi dan perih saat siang hari. Agar sang ibu tidak cepat merasa lapar, buatlah makanan yang tidak terlalu asin. Pada saat puasa lebih baik hindari minuman yang bersoda karena akan menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung. Jangan sampai sang ibu hamil merasa kelaparan saat siang hari karena akan menimbulkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu usahakan sahur dengan makanan yang mengandung banyak protein dan serat, sehingga akan ada energi cadangan untuk siang harinya.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, gizi ibu hamil juga harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari. Agar sang ibu dan sang janin tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena jika sang ibu kurang dalam minum air putih akan berimbas tidak baik terhadap kesehatan sang janin. Jika sang ibu dapat menjalankan hal-hal yang di atas, maka tidak perlu khawatir lagi dan dapat berpuasa dengan tenang. Karena kebutuhan nutrisi sang ibu dan janin akan terpenuhi.

Demikianlah beberapa tips dan makanan bergizi untuk ibu hamil saat berpuasa. Penuhilah kebutuhan nutrisi dan gizi Anda saat berpuasa agar kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply