RANCAH POSTMakanan penambah darah untuk ibu hamil. Di saat hamil, wanita akan merasakan tubuhnya bisa atau tidak mampu untuk bekerja secara maksimal. Wanita yang sedang hamil sering merasakan kepala pusing, letih, mual, sesak nafas bahkan keluhan lainnya.

Pada saat hamil seorang wanita membutuhkan asupan gizi yang maksimal dari makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Wanita yang sedang hamil sering mengalami anemia atau kekurangan darah di saat hamil. Penyebab dari kekurangan darah pada wanita hamil dapat disebabkan oleh kurang asupan zat besi yang dimakan atau dikonsumsi, pola makan yang terganggu karena mual, dan faktor lainnya.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil dapat dengan mengonsumsi makanan yang sehat, sehingga dapat menambah darah supaya asupan gizi pada tubuh bisa terpenuhi.

Adapun berikut ini makanan penambah darah bagi ibu hamil.

Buah-buahan
Buah banyak mengandung vitamin sehingga bisa membantu mengatasi masalah anemia atau kekurangan darah ibu hamil. Buah juga sudah terbukti sebagai pelancar peredaran darah dan baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu pada saat wanita hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan yang segar. Berikut ini buah-buahan yang dapat menambah darah ibu hamil :

Jeruk. Kandungan vitamin C pada jeruk dapat memperbanyak sel darah merah di dalam tubuh dan sangat baik untuk penderita anemia.

Tomat. Tomat mengandung dua vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menambah darah bagi ibu hamil.

Mangga. Kandungan vitamin C pada mangga hampir memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa. Selain itu mangga juga dapat memulihkan kondisi tubuh agar semakin kuat karena mangga memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Apel. Apel memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat menjadi sarapan tepat untuk penderita kurang darah.

Pepaya. Kandungan vitamin C dan asam folat pada buah pepaya baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang kekurangan darah.

Sayur-sayuran
Sayur-sayuran merupakan makanan sehat yang mengandung serat dan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi sayuran dengan rutin akan membantu menambah darah terutama pada ibu hamil. Sayuran-sayuran yang dapat menambah darah pada wanita hamil contohnya bayam, sawi, daun ubi, kol, dan lain-lain.

Daging
Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi sehingga baik untuk menambah darah. Dengan mengonsumsi daging makan akan membantu menambah sel darah merah pada tubuh. Namun jangan mengonsumsi daging terlalu banyak karena akan meningkatkan kolesterol pada tubuh.

Kacang almond
Kacang almond adalah salah satu dari kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan zat besi sehingga baik bagi tubuh untuk menambah darah. Oleh karena itu kacang almond baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil agar terhindar dari anemia.

Sereal dan roti
Makanan yang bahan dasarnya gandum sangat baik bagi wanita hamil karena kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menambah darah.

Demikianlah beberapa makanan penambah darah bagi ibu hamil, semoga bermanfaat.

Share.

1 Komentar

  1. Ita Maulani on

    Ibu-ibu sekarang enak. Bisa mengonsumsi buah dengan mudah. Beli buah dari penjual belanjan keliling bisa. Ke swalayan atau supermarket mudah dan banyak pilihan. Bahkan, minimarket ada di mana-mana, di kampung-kampung.

    Lain halnya dengan tahun 1970an, mengonsumsi buah untuk ibu hamil masih jarang. Ya, katakan belum memasyarakat seperti sekarang. Tetapi, ibu hamil tetap perlu diingatkan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur sehingga mereka dan bayinya selalu sehat.

Leave A Reply