Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Mencegah dehidrasi saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan dapat dilakukan dengan beberapa cara yang mudah lho, teman-teman.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih dari 12 jam atau mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum kapan pun seperti hari-hari biasanya. Untuk itu, manfaatkan waktu sahur dan berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

Ketika menjalankan ibadah puasa, tak jarang kita pun merasa lapar, haus, lelah, dan lemas apalagi ditambah dengan melakukan banyak aktivitas.

Kendati demikian, kita harus tetap produktif dalam melakukan aktivitas dan jangan bermalas-malasan dengan alasan sedang berpuasa.

Selain itu, sangat penting juga untuk mencukupi asupan cairan bagi tubuh. Perlu Anda ketahui, tubuh terdiri dari 70% cairan dan dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi tubuh tetap normal.

Untuk itu, cukupilah kebutuhan cairan pada tubuh Anda. Agar tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa, cobalah untuk melakukan beberapa cara-cara di bawah ini.

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Berikut beberapa cara untuk menghindari dehidrasi saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Minum air putih sesuai yang dibutuhkan tubuh

Rata-rata orang dewasa memerlukan 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air mineral untu setiap harinya, termasuk ketika bulan puasa.

Agar dapat tetap memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya, Anda bisa menerapkan pola 2-4-2.

Dengan begitu, Anda bisa minum air sebanyak 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika buka puasa, dan minum 2 gelas air sebelum tidur atau menjelang sahur.

Mengkonsumsi buah dan sayur yang beragam

Cara mencegah dehidrasi saat puasa selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang beragam. Selain minum air putih yang cukup, cara yang satu ini juga sangat penting.

Kita tidak hanya bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman saja, namun juga dari makanan yang kita konsumsi.

Untuk itu, pilihlah makanan yang memiliki kandungan air yang cukup. Buah dan sayuran bisa menjadi andalan yang baik untuk Anda konsumsi.

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin ketika sahur

Mengkonsumsi makanan asin atau bergaram bisa membuat Anda merasa haus bahkan sampai kekurangan cairan.

Hal tersebut disebabkan karena garam punya pengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Ketika Anda mengkonsumsi garam, tentu akan membuat kacau pengaturan tersebut, alhasil Anda pun cepat merasa haus.

Untuk itu, makanan asin menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Kurangi minuman berkafein dan utamakan minum air putih

Cobalah untuk menghindari minum minuman yang mengandung kafein atu mengandung gula tinggi, terutama ketika waktu sahur.

Jika hal tersebut Anda lakukan, tubuh pun akan terasa haus dalam beberapa jam saja. Lebih baik, konsumsi minum air putih yang cukup agar tubuh tetap sehat.

Jangan lewatkan waktu buka puasa dan sahur

Cara yang paling sederhana untuk mencegah dehidrasi saat puasa adalah dengan tidak melewatkan makan sahur dan berbuka puasa.

Manfaat makan sahur dapat memberikan asupan makanan untuk kita menjalani ibadah puasa seharian. Selain itu, konsumsilah makanan yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Perhatikan obat-obatan dan suplemen yang dikonsumsi

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang bisa membuat seseorang kencing terus hingga ciaran selalu keluar dari tubuh.

Untuk itu, ketika ingin minum obat-obatan atau suplemen harus memastikan obat tersebut tidak memberikan efek samping dehidrasi.

Nah itu dia teman-teman, beberapaca cara mencegah dehidrasi saat puasa. Selain itu, hindari juga melakukan aktivitas yang terlalu berat, termasuk olahraga yang berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,640FansSuka
1,817PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan