Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama Ketika Berpuasa

6 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama Ketika Berpuasa

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat membuat kita kenyang lebih lama, dan cocok dikonsumsi saat sahur selama bulan puasa.

Bagi umat Muslim, makan sahur adalah salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari saat bulan suci Ramadan.

Manfaat makan sahur dapat memberikan energi bagi tubuh Anda untuk menjalankan aktivitas sembari menahan lapar dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari atau saatnya untuk berbuka puasa.

Agar lancar menjalani puasa dengan stamina yang kuat, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi, tentunya harus sehat dan bergizi seimbang.

Karena jika tidak mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi seimbang, tentu dapat menyebabkan tubuh kita menjadi mudah sakit.

Selain makanan bergizi seimbang, Anda juga dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama saat menjalani ibadah.

Lalu, jenis makanan seperti apa yang dapat bikin kita kenyang lebih lama? Berikut ulasannya untuk Anda.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan dapat membuat kita kenyang lebih lama, tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan juga dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Oatmeal

Makanan pertama yang dapat membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu cukup lama adalah oatmeal. Oatmeal memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan.

Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya dapat memberikan energi untuk tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang ada pada oatmeal dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga cokok untuk Anda konsumsi saat sahur.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan oatmeal dengan susu, topping buah-buahan segar, almond, dan lainnya.

Telur

Makanan yang membuat perut kenyang lebih lama selanjutnya adalah telur. Tingkat hormon nafsu makan yang memerintahkan otak untuk makan (ghrelin) akan lebih rendah dengan manfaat mengkonsumsi telur.

Sementera, tingkat hormon yang bikin kenyang (PPY) akan menjadi lebih tinggi. Hal tersebutlah yang membuat telur menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat sahur. Namun konsumsilah dalam batas wajah ya, guys.

Kedelai

Kedelai mengandung serat dan protein yang cukup tinggi yang dipercaya dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, makan kedelai juga dapat menjadi pencegah ngemil makanan terlalu banyak.

Protein yang terkandung dalam kedelai juga rendah karbohidrat, rendah lemak serta mempunyai indeks glikemik rendah yang tidak akan menyebabkan gula darah naik secara cepat setelah makan.

Tentu saja hal tersebut dapat mencegah sekresi insulin secara belerbihan. Stabilnya kadar gula darah dan insulin dapat membuat rasa lapar berkurang serta membantu mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak di tubuh.

Alpukat

Makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama berikutnya adalah buah alpukat. Makanan ini dapat dijadikan sebagai pencegah lapar selama menjalani ibadah puasa.

Alpukat memiliki kandungan serat dan lemak baik yang butuh waktu kama untuk dicerna. Tak hanya itu, buah alpukat juga mengandung potassium, vitamin E dan folat yang baik untuk kesehatan dan tentunya mengenyangkan.

Ikan salmon

Ikan salmon baik dikonsumsi saat sahur karena dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama dengan kandungan omega-3 di dalamnya.

Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandungan protein tinggi, cocok bagi Anda yang memang sedang ingin menurunkan berat adan.

Hal tersebut karena ikan salmon dapat meningkatkan senitivitas glukosa, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses oksidasi lemak.

Nasi merah

Makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama selanjutnya adalah nasi merah. Hal tersebut karena kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang terdapat pada beras merah yang diolah menjadi nasi.

Itu dia teman-teman, beberapa makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,640FansSuka
1,817PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan