Senin, 1 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Beragam Manfaat Timun Suri yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Timun Suri yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Selain blewah, buah yang kerap populer di bulan Suci Ramadan adalah timun suri. Selain lezat, timun suri ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski namanya timun suri, buah ini termasuk ke dalam salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, asam linoleat, dan mangenisum.

Kandungan air melimpah yang ada di dalamnya membuat timun suri digemari banyak orang.

Saking disukai orang-orang, Anda tentu sudah tidak asing lagi ketika melihat deretan pedagang yang menjual timun suri selama bulan Ramadan.

Karena memang timun suri menjadi salah satu buah yang sering diburu masyarakat ketika bulan puasa untuk dijadikan sebagai takjil.

Lantas, apa saja khasiat dari timun suri? Berikut Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Timun Suri

Dengan mengetahui manfaatnya, tentu akan membuat kita semakin gemar mengkonsumsinya. Namun ingat, secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan, sesuatu yang berlebihan tentu tak baik bagi kesehatan.

Melancarkan pencernaan

Selama berpuasa, mungkin Anda sering mengalami beberapa masalah pencernaan, salah satunya adalah sembelit alias susah buang air besar.

Tak heran, hal tersebut bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam.

Timun suri bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Kandungan air dan serat di dalamnya diyakini baik untuk pencernaan.

Cegah Alzheimer

Manfaat timun suri untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Timun suri mengandung vitamin K yang berfungsi sebagai obat dalam membatasi kerusakan neuronal di otak.

Mengkonsumsi timun dalam porsi tepat dapat membantu mencegah Anda menderita penyakit Alzheimer yang terkenal mematikan.

Jaga sistem imun tubuh

Di tengah pandemi virus corona sekarang ini, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik. Salah satu makanan yang menjaga sistem kekebalan tubuh adalah timun suri.

Hal tersebut karena timun suri mengandungan magnesium, kalium, mangan, silica, vitamin A, B, C dan antioksidan cukup tinggi.

Antioksidan berfungsi dalam membantu menguatkan sistem imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Sehatkan rongga mulut

Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dipercaya dapat membantu menyehatkan rongga mulut.

Ketika kita mengunyah timun suri, produksi air liur akan menjadi meningkat. Manfaat yang didapat dari buah ini yakni membuat pH rongga mulut jadi netral.

Tentu saja hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang mengalami radang gusi dan sakit gigi, timun suri bisa jadi buah yang baik dikonsumsi.

Baik untuk seseorang yang menderita diabetes

Sangat penting untuk menjaga pola makanan dan memilih serta memilah makanan seperti apa yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, jangan sembarangan!

Gula darah yang cukup tinggi membuat penderita diabetes harus mengurangi mengkonsumsi gula serta makanan-makanan manis.

Timun suri aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mengandung karbohidrat kompleks yang berperan menaikkan gula darah secara perlahan.

Tentu saja hal tersebut bermanfaat untuk menghindari lonjakan gula darah, apalagi ketika penderita diabetes sedang menjalani puasa.

Memiliki kandungan zat antikanker

Manfaat timun suri yang satu ini tak kalah penting untuk Anda ketahui. Ya, timun suri dipercaya memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Berdasarkan penelitian, saponin yang terkandung dalam timun suri bisa menghalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah terjadinya kerusakan metabolisme tubuh dan timbulnya sel kanker.

Bagaimana, luar biasa bukan manfaat yang terkandung dalam timun suri untuk kesehatan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan