Buah blewah ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit wajah Anda.

Buah yang satu ini populer dan laris manis ketika bulan Ramadan. Tak heran, buah ini memang memiliki rasa yang lezat serta dagingnya yang lembut sehingga digemari banyak orang.

Masyarakat berbondong-bondong membeli blewah untuk dijadikan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa yang menghilangkan dahaga.

Biasanya orang mengkonsumsi buah blewah dengan cara diserut lalu dicampurkan ke dalam sup buah, dijamin menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Tak hanya itu saja, buah dengan nama latin Cucumis melo var cantalupensis mempunyai beragam manfaat yang tentunya baik untuk tubuh dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, asam folat, dan serat yang terkandung di dalamnya.

Buah yang masih berkerabat dengan melon ini juga memiliki kandungan sekitar 90 persen air, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Selain itu, Rancah Post telah menyiapkan sederet khasiat buah blewah bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

Manfaat Buah Blewah

Baik untuk pencernaan

Buah blewah terkenal baik untuk menghidrasi tubuh karena memiliki kandungan air yang banyak. Buah ini juga bermanfaat baik untuk pencernaan karena dapat mendetoksifikasi tubuh, membuang racun dan membantu usus mencerna dengan baik.

Tak hanya itu, blewah juga bisa membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa menjadi pemicu masalah pencernaan dan gejala Irritable Bowel Syndrome.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah blewah selanjutnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Selain itu, buah blewah juga mengandung beta-karoten dan fitokimia yang dapat menangkal serangan radikal bebas.

Turunkan tekanan darah

Buah blewah ternyata baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi karena dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium yang ada pada blewah berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kalium juga berkhasiat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontraksi secara baik.

Jaga kesehatan mata

Manfaat blewah adalah baik bagi kesehatan mata. Hal tersebut karena buah blewah mengandung vitamin A yang dapat membuat kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya itu saja, vitamin A yang mempunyai sifat antioksidan dapat berguna sebagai penangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, menjaga sistem imun, serta mengurangi risiko mengalami gangguan mata karena usia.

Baik untuk kesehatan janin

Manfaat buah blewah memang luar biasa, dan ternyata baik juga untuk ibu hamil. Buah blewah memiliki kandungan folat yang berfungsi sebagai pencegah kemungkinan terjadinya cacat tabung saraf bayi, bayi lahir prematur, dan berat lahir bayi rendah.

Cegah dehidrasi

Selama berpuasa penting sekali untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain dengan minum air putih yang cukup, buah blewah bisa menjai salah satu cara mencegah dehidrasi.

Hal tersebut karena buah blewah mengnadung serat dan mineral yang dapat mencegah dehidrasi pada tubuh.

Baik untuk kulit

Manfaat blewah selanjutnya adalah untuk kecantikan wajah. Buah blewah kaya akan vitamin C yang dapat bermanfaat dalam membantu proses produksi kolagen, cegah penuaan dini, membantu proses penyembuhan luka dan flu, hingga sebagai pelindung kulit dari radikal bebas.

Bagaimana, luar biasa sekali bukan manfaat yang terkandung dalam buah blewah? Agar tubuh tetap sehat, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah, sayur, dan makana-makanan bergizi lainnya. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply