Selasa, 26 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Jenis Makanan Pencegah Risiko Diabetes

7 Jenis Makanan Pencegah Risiko Diabetes

Makanan pencegah diabetes mesti masuk daftar menu makanan yang hendak kamu santap agar tubuh Anda tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Diabetes adalah penyakit yang bisa berlangsung cukup lama atau kronis ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Penyakit diabetes tentunya memerlukan pengobatan yang dilakukan secara efektif.

Diabetes tipe 1 ditandai dengan gejala sering merasa haus, sering merasa lapar, sering buang air kecil dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes sejak lama.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.  Mengkonsumsi makanan sehat dapat menjadi pencegah atau mengendalikan diabetes.

BACA JUGA: Mitos Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya Sekarang Juga

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui makanan apa saja yang bisa mengurangi risiko diabetes, di artikel kali ini kami telah menyiapkan berbagai makanan pencegah risiko terjadinya penyakit diabetes.

Makanan Pencegah Diabetes

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa untuk mencegah risiko terjadinya penyakit diabetes.

Kacang polong

Kalau Anda tidak atau belum mengonsumsi kacang polong, maka bisa mencoba untuk menambahkan kacang polong ke dalam menu makanan yang disantap.

Makanan yang kaya akan kacang-kacangan bisa mengurangi kolesterol dan bisa juga mengontrol glukosa darah. Untuk itu, makanan ini bisa membantu Anda untuk membantu Anda mencegah diabetes.

Apel

Tak dapat dipungkiri lagi buah-buahan seperti apel, anggur, blueberry merupakan satu makanan yang penting untuk semua orang.

Buah-buahan tersebut ternyata bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2, jika mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

Ternyata dengan makan apel setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 sebesar 27% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi apel.

Kenari

Sebuah penelitian menyebut, wanita yang mulai memakan 28 gram kantung kenari membuat peluang terjadinya diabetes lebih kecil. Dengan mengonsumsi kenari secara teratur dua kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Kurma

Kurma memiliki persediaan banyak serat yang membuatnya menjadi makanan pencegah diabetes yang sempurna.

Menariknya, memakan kurma oleh individu yang terkena diabetes tidak mengakibatkan ‘tamasya’ glukosa postprandial yang dikenal sebagai lonjakan gula darah.

Dengan makan kurma secara teratur, kadar gula darah penderita diabetes tidak akan meningkat. Hal tersebut karena mempunyai indeks glikemik yang sehat.

Nasi merah

Siapa sih yang tidak mengetahui nasi merah yang begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari nasi merah dibanding dengan nasi putih adalah bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes sekitar 15%.

Apalagi jika mengganti nasi dengan biji-bijian yang lainnya, bisa mengurangi dan mencegah diabetes sekitar 35%.

Yogurt

Yogurt banyak digemari oleh semua kalangan, selain rasanya yang lezat yogurt juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Yogurt yang rendah karbohidrat mempunyai manfaat bagi Anda yang menderita diabetes.

Umumnya, yogurt punya manfaat untuk bisa menjaga berat badan dan tidak menyebabkan melonjaknya gula darah.

Makan yogurt rendah lemak harus dijadikan bagian dari list diet seimbang yang Anda jalani. Karena hal tersebut bisa mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Asparagus

Sayuran ini dikenal mampu menjaga dan mengontrol kadar gula darah pada orang yang terkena diabetes. Asparagus juga mampu meningkatkan output insulin, yang bisa menaikan glukosa dalam tubuh secara alami.

Dosis tinggi asparagus memiliki efek yang cukup besar untuk menjaga kadar gula darah dan produksi insulin dalam tubuh.

Biji labu

Biji labu mengandung 143 kalori dan 17 gram karbohidrat yang baik untuk orang yang menderita penyakit diabetes. Mengonsumsi biji labu secara rutin bisa meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mespons insulin.

BACA JUGA: Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Diabetes Mellitus

Nah, itu dia teman-teman beberapa makanan pencegah diabetes. Selain itu, strategi yang penting untuk bisa mencegah diabetes adalah dengan mengidentifikasi adanya faktor risiko serta fokus pada pedoman diet yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,678FansSuka
1,811PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan