RANCAH POSTDiet diabetes mellitus adalah pengaturan pola makan bagi penderita diabetes berdasarkan jumlah, jenis dan juga jadwal makanan tersebut diberikan. Hal ini tentunya dilakukan agar kadar gula dalam darah pada penderita senantiasa terkontrol karena pada dasarnya dari makananlah kita mandapatkan banyak asupan gula.

Bagi anda yang menderita diabetes mellitus memang seharusnya melakukan diet diabetes mellitus. Selain untuk mengatur kadar gula dalam darah, diet ini dilakukan juga dengan tujuan untuk mengatur kadar lemak dalam darah, mendapatkan dan mempertahankan berat badan ideal atau normal serta untuk mencapai status gizi yang seimbang.

Pada dasarnya, prinsip dari diet diabetes mellitus yaitu makan dengan jadwal yang teratur yang bertujuan untuk menghindari terjadinya penimbunan gula, pemilihan jenis makanan dengan menekan seminimal mungkin untuk asupan gula dan lemak serta mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sesuai. Secara tidak langsung, diet diabetes mellitus mengajarkan Anda untuk belajar menerapkan pola makan yang sehat.

BACA JUGA : Apa Sebenarnya Penyebab Diabetes Mellitus Itu?

Untuk memulai diet diabetes mellitus, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi, diantaranya yaitu:

  • Karbohidrat kompleks yang dapat Anda peroleh dalam nasi merah, roti, gandum, jagung, mie, kentang, singkong, ubi dan masih banyak lagi.
  • Protein hewani yang dapat Anda peroleh dalam ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, ikan dan juga telur.
  • Sayuran terutama untuk sayuran yang mengandung serat tinggi.
  • Buah-buahan yang kaya akan serat kecuali untuk semangka, sawo, mangga, durian dan juga nangka.

Sedangkan beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari jika anda ingin menjalankan diet diabetes mellitus yaitu makanan dan minuman yang mengandung gula sederhana seperti gula pasir, susu kental manis, sirup, selai. Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga makanan yang mengandung banyak garam seperti ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan seperti saus, kecap, abon, sarden kaleng dan juga buah kalengan.

Nah, itulah uraian mengenai diet diabetes mellitus yang dapat disarankan. Semoga dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

Share.

Leave A Reply