Senin, 1 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Pakai Masker Untuk Tangkal Covid-19

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Pakai Masker Untuk Tangkal Covid-19

Mencegah timbulnya jerawat di wajah selama pakai masker kain ternyata bisa dengan cara-cara yang mudah lho, teman-teman.

Seperti yang sudah kita ketahui, pemerintah menghimbau pada masyarakat untuk melakukan beberapa upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Apalagi sekarang virus mematikan ini sudah menyebar ke berbagai penjuru Tanah Air dan menginfeksi ribuan warga.

Untuk itu melakukan cara mencegah virus corona seperti rajin mencuci tangan dengan sabun atau bisa juga pakai hand sanitizer, menjaga jarak atau physical distancing, jangan keluar rumah dan jika ada keperluan mendesak harus memakai masker.

Mulai 5 April 2020 lalu, pemerintah sudah mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Dengan begitu, masyarakat busa mencegah penularan virus mematikan ini, apalagi sudah banyak kasus penyebaran Covid-19 dengan tidak disertai gejala.

Selain jenuh karena harus melakukan aktivitas di rumah selama pandemi corona, Anda juga diwajibkan pakai masker ketika keluar rumah.

Pemakaian masker selama Covid-19 merebak tentunya dapat menimbulkan beberapa masalah pada area wajah, terutama jerawat yang bisa timbul di pipi, dagu, ataupun hidung.

Hal tersebut disebabkan oleh kondisi wajah yang lembap dan timbulnya keringat serta minyak pada kulit karena terus menerus menggunakan masker.

Untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah, kali ini Rancah Post mempunyai beberapa tips dan cara yang penting untuk Anda ketahui.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Memiliki wajah yang mulus bebas jerawat memang jadi idaman semua orang, untuk itu simak beberapa cara mencegahnya.

Selalu mencuci muka sebelum dan sesudah pakai masker

Mencuci muka dengan bersih ternyata tidak kalah penting dengan mencuci tangan untuk sekarang ini.

Untuk mencegah terjadinya jerawat jangan lupa untuk rutin mencuci muka sebelum dan sesudah memakai masker.

Pilih dan gunakanlah foaming cleanser yang sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini, apakah berminyak atau cenderung kering.

Penggunaan sabun pencuci wajah yang tepat bisa membantu masalah kulit wajah yang Anda alami.

Oleskan pelembap

Cara mencegah timbulnya jerawat di wajah baik pada pria atau pun wanita adalah dengan mengoleksan pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Kelembapan yang terjaga dapat membuat skin barrier makin kuat, dan bisa meminimalisir risiko terjadinya iritasi pada kulit.

Rajin mencucinya apabila pakai masker kain

Rajinlah mencuci masker kain setelah digunakan. Sama seperti halnya masker medis, masker kain juga hanya bisa dipakai sekali dan harus langsung dicuci.

Karena masker yang dipakai berulang kali dapat membuat kuman, bakteri virus, serta kotoran-kotoran menempel di permukaan masker.

Perawatan wajah dengan masker alami

Cara mencegah timbulnya jerawat di wajah secara alami adalah jangan lupa untuk rutin dan teratur melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Rasa gatal dan kemerahan bisa muncul ketika Anda berlama-lama menggunakan masker kain karena kulit yang sulit bernafas.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker-masker yang terbuat dari bahan alami. Selain mencegah, perawatan wajah dengan masker alami juga bisa membuat kulit sehat.

Disarankan tidak menggunakan makeup saat pakai masker

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah seperti kurang tidur, jarang mengganti sarung bantal atau bisa juga karena pori-pori wajah yang tersumbat.

Untuk mencegah jerawat selama menggunakan masker disarankan untuk tidak menggunakan makeup di bawah masker. Namun Anda bisa mengaplikasikannya di area wajah yang tidak tertutupi masker.

Penggunaan makeup di bawah masker bisa meningkatkan potensi pori-pori tersumbat yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Cara-cara mencegah timbulnya jerawat di wajah selama menggunakan masker kain sudah kami jelaskan, jangan lupa untuk mempraktikannya ya, guys. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan