Senin, 25 Mei 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mencuci Masker Kain Setelah Dipakai

Cara Mencuci Masker Kain Setelah Dipakai

Mencuci masker kain dengan cara yang benar wajib untuk Anda ketahui. Hal tersebut bertujuan agar masker benar-benar bersih ketiga hendak digunakan kembali untuk beraktivitas.

Penggunaan masker sering dilakukan sebagai cara seseorang memproteksi diri dari paparan virus corona atau Covid-19 yang sekarang ini kian menyebar dan menjangkit banyak orang.

Namun sayang, masih saja ada oknum yang berlebihan dalam memproteksi diri, mereka pun memborong masker dan kebutuhan lainnya hingga membuat stok menipis.

Sebagai alternatif, orang-orang pun mulai beralih menggunakan masker yang terbuat dari kain meski tidak dapat menyaring mikroorganisme dengan efektif.

Kendati demikian, dalam kondisi stok masker yang langka ini tidak ada salahnya memakai masker kain dalam upaya melindungi diri dari virus corona.

Selain membeli, ternyata kita bisa membuat masker kain sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan bahan-bahannya pun sederhana.

Seperti hanya membutuhkan kain, jarum jahit, benang jahit dan tali karet elastis.Nah, pemakaian masker kain ini keunggulannya memang bisa dicuci dan dipakai kembali setelah kering dan bersih.

Namun, sudahkan Anda mencucinya dengan benar? Jika belum yakin, berikut Rancah Post punya beberapa cara membersihkan masker kain dengan benar.

Cara Mencuci Masker Kain

Apabila mencucinya dengan benar, tentu kita pun akan nyaman memakainya karena benar-benar tercuci bersih.

Cuci dengan air panas

Kebersihan masker sangat penting untuk diperhatikan, apalagi masker kain hanya bisa sekali pakai dan harus langsung mencucinya dengan bersih.

Jika tidak dan Anda memakainya berulang kali, tentu hal tersebut sama saja dengan membiarkan kuman, bakteri, kotoran dan virus menempel di permukaan masker.

Sedikit berbeda dengan pakaian, mencuci masker kain disarankan dengan menggunakan air hangat atau air panas agar kuman, bakteri serta virus dapat hilang.

Dengan begitu, masker kain akan yang akan Anda gunakan kembali akan terbebas dari virus serta bakteri yang menempel.

Cuci dengan detergen

Cara mencuci masker kain yang benar selanjutnya adalah jangan lupa untuk menggunakan detergen ketika mencucinya untuk menyempurnakan kebersihan kain.

Selain dapat membasmi bakteri dan serta membersihkannya dari kotoran, penggunaan detergen juga dapat membuat masker menjadi wangi.

Tentu saja hal tersebut bisa memberikan kenyamanan ketika kita memakai masker tersebut untuk melindungi diri dari paparan virus corona.

Keringkan sebelum dipakai kembali

Setelah mencucinya dengan bersih, langkah selanjutnya adalah Anda mengeringkannya, disarankan untuk mengeringkan pada suhu tinggi.

Anda bisa menggunakan pengering pada mesin cuci yang ada di rumah, atau bisa juga menjemurnya di bawah panas matahari yang bersinar terik.

Ingat, jangan menggunakan masker kain kalau masih dalam keadaan belum benar-benar kering atau setengah basah karena bisa menjadi pemicu baketri dan virus berkembang biak lebih banyak.

Masker siap digunakan

Nah, setelah mencuci dengan sampai bersih dan sudah benar-benar kering, masker kain pun bisa segera digunakan kembali.

Karena masker kain hanya bisa sekali pakai dan harus langsung mencucinya, Anda bisa mempunyai beberapa masker sebagai pengganti ketika yang lain sedang dicuci.

Meski bermanfaat membantu memproteksi diri, namun masker yang terbuat dari kain tidak disarankan dipakai oleh tenaga medis baik dokter maupun perawat ketika hendak menangani langsung pasien terinfeksi virus corona.

Hal tersebut karena bisa memperbesar peluang penularan virus corona jika digunakan oleh tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

Itulah beberapa cara mencuci masker kain yang benar, jangan lupa lakukan upaya pencegahan penularan virus corona lainnya ya, teman-teman. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,682FansSuka
1,809PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan