Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Penyebab Keringat Secara Berlebihan di Malam Hari

7 Penyebab Keringat Secara Berlebihan di Malam Hari

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab keringat di malam hari. Mungkin Anda sering mengalaminya, namun bingung apa penyebabnya.

Ya, apalagi jika keringat itu terus mengucur padahal kamar dalam kondisi dingin dan suhu tidak panas.

Kejadian ini sering dianggap sepele, namun jika itu terjadi dengan sering dan intensitasnya berlebihan, Anda patut waspada.

Karena keringat berlebihan ketika malam hari bisa disebabkan oleh gejala sebuah penyakit atau kondisi tertentu. Bisa penyakit ringan sampai berat.

Agar tidak lagi bingung kenapa sering berkeringat berlebihan di malam hari di malam hari, berikut Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Penyebab Keringat di Malam Hari

Berikut ini beberapa penyebab seseorang berkeringat di malam hari ketika tidur.

Kanker

Harus waspada karena penyebab keringat berlebihan saat tidur bisa karena penyakit kanker. Jenis kanker yang sering dikaitkan dengan hal ini adalah kanker limfoma.

Kanker ini akan menyerang kelenjar getah benting dan limfosit (salah satu jenis sel darah putih yang terdapat dalam tubuh).

Selain berkeringat di malam hari, jenis kanker limfoma juga akan menimbulkan gejala-gejala lain, di antaranyanya demam tanpa sebab dan berat dan yang menurut secara drastis.

Melawan beberapa infeksi

Penyebab keringat di malam hari bisa jadi hal tersebut karena tubuh sedang melawan beberapa infeksi sehingga meningkatkan suhu tubub secara mekanis.

Bisa jadi tubuh yang berkeringat sangat banyak di malam hari merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi, bisa infeksi paru-paru atau malaria.

Menopause

Menopause adalah berakhirnya siklus haid seorang wanita secara alami. Menopause umumnya dapat terjadi pada wanita yang usianya 45-55 tahun.

Nah, wanita yang sudah memasuki usia menopause akan sering mengeluarkan keringat pada malam hari. Hal tersebut disebabkan oleh hot flashes atau rasa panas yang muncul dari dalam tubuh secara tiba-tiba.

Biasanya hot flashes akan terasa di bagian wajah, dada, dan leher. Selain berkeringat di malam hari, hot flashes juga bisa menimbulkan gejala sebeperti kulit jantung berdetak kencang, kulit memerah dan kesemutan di ujung jari.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab keringat di malam hari ketika tidur bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, di antaanya antidepresan, obat terapi hormon, dan obat penurun demam.

Misalnya saat Anda mengonsumsi obat antidepresan. Ya, hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya keringat di malam hari karena cara kerja obat tersebut memang sedikit menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh.

Tingkat testosteron pada pria rendah

Jika seorang pria sering mengalami keringat di malam hari, tak jarang akan dikaitkan dengan kadar testosteron atau hormon seks utama pada pria yang rendah.

Hormon testosteron merangsang produksi sperma dan mendukung dorongan seks, dan membangun tulang serta masa otot.

Hipoglikemia

Hipoglikemia dapat menjadi penyebab keringat di malam hari yang sering Anda alami. Hipoglikemia merupakan keadaan ketika kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah.

Tentu saja kondisi tersebut dapat menjadi penyebab seseorang berkeringat di malam hari. Biasanya, hipoglikemia terjadi pada mereka penderita diabetes karena memiliki kadar gula darah yang tidak stabil.

Hiperhidrosis

Nah, penyebab Anda selalu berkeringat di malam hari bisa juga disebabkan hiperhidrosis atau tubuh yang berkeringat berlebihan tanpa alasan yang jelas.

Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman, longgar serta mudah menyerap untuk meminimalisir produksi keringat yang dihasilkan oleh tubuh.

Itulah beberapa penyebab keringat di malam hari yang mungkin sering Anda alami. Jika terjadi secara terus menerus dan mulai mengganggu, segera periksakan ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,682FansSuka
1,809PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan