Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 8 Cara Melancarkan Haid Secara Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Coba

8 Cara Melancarkan Haid Secara Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Coba

Tak sedikit orang yang mengalami haid tak teratur dan tak lancar. Hal itu lantas membuat orang tersebut mencari berbagai cara melancarkan haid secara alami dan cepat.

Haid atau menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami yang tejadi pada tubuh wanita. Haid terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi keluarnya darah haid berlangsung selama 3-7 hari.

Haid menjadi penanda jika organ reproduksi wanita telah siap jika terjadi kehamilan. Haid biasa terjadi dalam setiap bulan antara usia remaja hingga menopause.

Namun memang dalam haid wanita sering mengalami keluhan, seperti haid tidak terlambat, saat bahkan sakit ketika mengalami haid tersebut.

Pasti setiap orang merasa sakit dan akhirnya mencari cara melancarkan haid. Biasa haid tidak lancar dapat disebabkan karena pola hidup sehari-hari yang kurang baik.

Misalnya saja saat Anda melakukan olahraga yang berlebihan atau mungkin berat badan tiba-tiba turun secara drastis. Patut diwaspadai karena hal itu bisa menyebabkan haid tidak lancar.

Anda tak perlu khawatir karena di artikel kali ini kami sudah menyiapkan berbagai cara melancarkan haid setiap bulan.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat

Cara melancarkan haid memang banyak metodenya, ada yang menggunakan obat namun saat ini kebanyakan orang memilih cara melancarkan haid secara alami. Berikut ini beberapa cara melancarkan haid secara alami dan cepat.

Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dalam hidup Anda menjadi cara yang cukup efektif agar bisa melancarkan haid secara cepat.

Gaya hidup sehat identik dengan olahraga dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Disamping itu Anda juga harus mengurangi kebiasaan yang tidak sehat seperti mimun kopi secara berlebihan, minum minuman beralkohol, begadang dan merokok.

Karena kebiasaan tak sehat itu terbukti dapat mempengaruhi jadwal haid pada perempuan.

Istirahat teratur

Mungkin Anda merasa bingung dengan cara apa lagi ketika mengalami haid yang tidak lancar.

Cara yang paling sederhana ialah dengan melakukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat membuat hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik.

Hal tersebut tentunya akan membuat Anda jauh dari kata stres dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Selain menerapkan gaya hidup sehat, tentunya Anda juga harus selalu menjaga agar asupan gizi Anda dapat tetap tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu.

Mulai membiasakan diri Anda dengan mengkonsumi makan yang sehat dan tentunya bergizi agar sistem metabolisme dalam tubuh dapat berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa berlangsung lancar.

Minum air mineral secara teratur

Cara melancarkan haid yang mudah dan sederhana tentu saja dengan selalu meminum air mineral secara teratur.

Perlu Anda ketahui bahwa air mineral sangatlah penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka ketika Anda sedang haid akan turut lancar pula.

Minum ramuan tradisional

Kunyit

Ternyata kunyit tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur saja. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada jamu tradisional terbuat dari kunyit.

Kunyit mengandung senyawa yang memiliki khasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk dapat memperlancar haid Anda.

Jus Wortel

Sayuran yang kaya akan vitamin A ini memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain memiliki kandungan vitamin A, ternyata wortel juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

Rutin meminum jus wortel dengan menambahkan sedikit gula atau jika Anda suka boleh tanpa gula.

Khasiatnya dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

Jahe

Jahe memiliki cita rasa yang hangat ditenggorokan ketika dimakan.

Selain sebagai bahan masakan ternyata jahe juga memiliki banyak kandungan yang tentunya dapat memeberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami. Meminum air seduhan jahe dengan madu secara rutin setiap hari bisa menjadi cara memperlancar haid Anda.

Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau yang segar ketika diminum ini ternyata mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.
Senyawa laurat inilah yang dapat berfungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Selain itu, air kelapa muda juga banyak mengandung gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Wanita

Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai salah satu cara melancarkan haid yang bisa Anda lakukan.

Itulah beberapa cara melancarkan haid secara cepat dan alami yang bisa Anda coba, namun jika masih tetap tidak lancar disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan