Rabu, 27 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi Sebagai Penangkal Corona

5 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi Sebagai Penangkal Corona

Mengetahui tips berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat penting, apalagi semenjak warga Indonesia dilanda kekhawatiran karena wabah virus corona (COVID-19) yang masih masif.

Kenapa demikian? Ya, karena berjemur di bawah sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda.

Di antarnya, baik untuk kesehatan tulang, memperbaiki kualitas tidur, baik untuk otak dan bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh sebagai penangkal virus corona.

Namun sebelum Anda berjemur di bawah sinar matahari pagi, Anda harus memperhatikan beberapa tips-tips berikut ini.

Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi

Dengan melakukan beberapa upaya pencegahan, salah satunya dengan menjaga sistem imun tubuh, kita bisa sedikit meringankan tugas para tenaga medis yang sedang berjuang menangani pasien Covid-19.

Waktu yang terbaik

Waktu terbaik untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata bukan pagi atau sore namun sekitar pukul 10.00 hingga 15.00 dan disarankan tidak kurang dari jam tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Anda cukup berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit saja. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D terbaik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan untuk melawan virus corona.

Pakai tabir surya SPF 30

Jam 10.00 sampai dengan 15.00 memang merupakan waktu yang baik untuk berjemur di bawah sinar matahari, namun pada jam-jam tersebut matahari cukup menyengat sehingga disarankan untuk mengoleskan tabir surya.

Produk tabir surya yang cocok digunakan adalah yang memiliki kandungan SPF 30 untuk membuat kulit tetap terlindung dari paparan sinar matahari.

Oleskan tabir surya dengan SPF 30 sekitar 15 menit sebelum Anda pergi keluar rumah untuk berjemur. Pastikan oleskan tabir surya secara merata ya, teman-teman.

Kenakan sunglasess

Tips berjemur sinar matahari pagi selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengenakan sunglasess ketika mulai pergi ke luar ruangan untuk berjemur sebagai upaya meningkat sistem imun tubuh.

Hal tersebut berguna untuk melindungi mata Anda dari radiasi sinar matahari yang bisa mengganggu kesehatan mata Anda.

Jangan menyepelekan hal ini, gunakanlah kacamata hitam sebagai pencegah sinar matahari masuk ke mata.

Pakailah pakain yang nyaman di tubuh

Sebaiknya pilihlah pakaian yang nyaman ketika Anda hendak berjemur, salah satunya adalah yang memiliki bahan mudah menyerap keringat.

Selain itu, selama berjemur gunakanlah celana pendek dan kaus berlengan pendek juga seperti singlet atau tank-top. Karena semakin banyak bagian tubuh Anda yang terkena sinar matahari tentunya akan bermanfaat baik juga.

Minum air putih yang cukup

Tips berjemur di bawah sinar matahari pagi selanjutnya adalah jangan lupa minum air putih yang cukup. Karena ketika tubuh Anda terkena paparan sinar matahari, tubuh akan mudah dehidrasi.

Selain itu, air putih ternyata punya banyak manfaat lainnya untuk kecantikan Anda seperti membuat kulit tampak bercahaya, memperlambat penuaan dini, mengurangi jerawat, melembapkan kulit dan memulihkan kulit dari sunburn.

Jadi tunggu apalagi, minumlah air putih yang cukup dan jangan biarkan tubuh Anda kehausan ketika menghabiskan waktu berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Jangan lupa juga untuk melakukan upaya pencegahan Covid-19 lainnya, yakni cuci tangan dengan bersih, jangan menyentuh area wajah terlalu sering, hindari keramaian dan jangan keluar rumah jika tidak mendesak.

Demikian beberapa tips berjemur di bawah sinar matahari pagi yang perlu Anda ketahui. Jika sudah mengalami gejala-gejala virus corona segera hubungi petugas medis. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,665FansSuka
1,813PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan