Kamis, April 2, 2020

Cegah Covid-19, Ini Waktu yang Tepat dan Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, namun masih saja banyak orang yang malas melakukan kegiatan tersebut dengan alasan takut kena panas.

Padahal berjemur di bawah sinar matahari sangat penting apalagi di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Menjaga imunitas tubuh dan stamina serta melakukan beberapa upaya pencegahan penting juga dilakukan untuk menangkal virus corona.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan kaya gizi, alah satu cara menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik adalah dengan berjemur pada pagi hari.

Anda bisa berjemur dengan keluarga dengan memilih lokasi di sekitar rumah, bisa di halaman atau teras rumah yang sudah tersorot sinar matahari.

Selain baik untuk kesehatan, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa menjadi kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang ketika di rumah.

Seperti yang sudah kita ketahui, pemerintah menyarankan kepada masyarakat untuk menjauhi keramaian, dan jangan keluar rumah jika memang tidak mendesak.

Melansir darri Tagar.id, waktu yang paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah sekitar pukul 10.00, dan disarankan tidak lebih kurang dari jam tersebut.

Untuk durasi berjemur, Anda cukup melakukannya cukup 10-15 menit saja. Jika ingin berjemur lebih dari durasi tersebut, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock atau sunscreen di kulit.

Sinar matahari merupakan sumber terbaik untuk kita mendapatkan vitamin D sebagai peningkat imunitasi tubuh.

Tak hanya itu, berjemur di bawah sinar matahari baik untuk tubuh dan memperkecil risiko kanker karena ultraviolet B (UVB) yang diserap tubuh.

Supaya lebih tahu apa manfaat-manfaat lain dari berjemur di bawah sinar matahari, kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Agar tidak ada acara malas-malasan lagi, berikut beberapa manfaat berjemur yang wajib Anda ketahui.

Kualitas tidur jadi meningkat

Jika Anda memiliki masalah tidur atau kesulitan untuk tertidur di malam hari, berjemur di bawah sinar matahari sangat baik untuk mengatasinya.

Ya, sinar matahari dapat meningkatkan kualitas tidur karena dapat merangsang produksi hormon melatonin yang bertugas sebagai pengatur siklus tidur tubuh.

Dengan begitu, kesulitan tidur di malam hari atau insomnia yang sering melanda akan berangsur membaik dengan berjemur di pagi hari.

Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat berjemur di pagi hari ternyata baik juga untuk kesehatan tulang. Vitamin yang dihasilkan dari sinar matahari membantu tubuh menyerap kalium.

Tentu saja penyerapan kalium yang baik bisa menjadikan tulang lebih kuat dan secara tidak langsung mencegah Anda dari radang sendi dan osteoporosis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang sudah kita bahas di awal, daya tahan tubuh yang kuat sangat penting menghalau paparan virus corona yang semakin mewabah.

Cobalah luangkan waktu 10-15 menit saja untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi yang manfaatnya luar biasa untuk tubuh.

Ketika Anda berjemur di bawah sinar matahari, sel darah putih akan diproduksi oleh tubuh. Sel darah putih memiliki tugas penting takni membunuh virus dan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh.

Baik untuk otak

Manfaat berjemur di pagi hari ternyata baik juga untuk kesehatan otak. Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari pagi diyakini dapat meningkatkan fungsi otak.

Tak hanya itu, sinar UV yang dihasilkan juga bisa memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus atau bagian dari otak yang berfungsi mengatur, membentuk dan menyimpan memori.

Itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari yang baik untuk kesehatan tubuh. Tunggu apalagi, hilangkan rasa malas dan berjemurlah di pagi hari. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,925FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan