Minggu, 12 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Terhindar dari Virus Corona yang Efektif

Cara Terhindar dari Virus Corona yang Efektif

Cara terhindar dari virus corona merupakan langkah awal yang lebih baik daripada mengobati. Virus yang telah menyerang dunia dan menjadi wabah ini memiliki nama lain COVID-19 yang bisa menular dan menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lain.

Coronavirus untungnya bisa mudah hilang dengan melakukan beberapa langkah pencegahan yang semakin digalakan oleh pemerintah di berbagai dunia termasuk Indonesia.

Cara Terhindar dari Virus Corona yang Efektif

Sayangnya pengobatan mereka yang terjangkit virus ini masih dalam perkembangan. Oleh karena itu pencegahan penyebaran perlu dilakukan.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi dan gejala virus corona?

  • Menggunakan masker terutama saat bepergian. Direkomendasikan memakai masker N95 yang dapat efektif menangkal virus.
  • Jangan bepergian ke luar rumah apalagi ke area atau daerah yang sedang terinfeksi virus baik di dalam maupun luar negeri.
  • Memastikan rajin mencuci tangan memakai sabun secara menyeluruh.
  • Memastikan menggunakan hand sanitizer ketika beraktivitas di luar rumah, jika tidak ada air sabun.
  • Menghindari kontak dengan orang lain atau hewan liar apalagi dengan pasien suspect corona. Jika terpaksa bersentuhan, segera cuci tangan.
  • Jangan mengonsumsi hewan liar terutama hewan-hewan yang terduga menyebarkan virus corona.
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin memakai tisu, kain atau siku bagian dalam supaya mencegah virus corona menyebar.
  • Kurangi menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung dan mulut maupun selaput lendir terbuka pada tubuh sebelum mencuci tangan.
  • Memasak semua daging hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Menjaga lingkungan sekitar serta berupaya meningkatkan sistem imun.

Cara mencegah penyebaran yang terpenting adalah melakukan social distancing, misalnya mengurangi aktivitas atau kegiatan berkelompok atau keramaian dengan orang banyak di luar.

Selain itu juga sebisa mungkin menjaga jarak dengan orang lain sementara waktu. Upayakan menjaga Kesehatan dengan mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi.

Cara mencegah virus corona menyebar pada pasien corona

Ciri-ciri virus corona pada orang yang terinfeksi umumnya mengalami demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius, tubuh terasa lemas dan lelah, batuk keting, sakit tenggorokan, sakit kepala, sesak nafas atau sulit bernafas.

Masa inkubasi corona ini sekitar 14 hari. Meski begitu ada juga orang yang sudah terinfeksi corona, namun tidak mengalami gejala-gejala seperti di atas. Namun, mereka masih bisa menularkan atau menyebarkan virus tersebut ke orang lain.

Dengan kata lain, mereka menjadi carrier atau penyebar virus, kadang malah tidak disadari.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pencegahan virus corona pada pasien positif corona seperti di bawah ini.

  • Inkubasi atau isolasi di rumah sakit khususnya untuk pasien yang mengalami gejala corona. Isolasi di rumah juga bisa dilakukan untuk orang positif corona yang mengalami gejala ringan. Intinya jangan keluar rumah.
  • Memakai peralatan yang berbeda dengan orang lain.
  • Menghindari kontak serta sentuhan dengan orang lain.
  • Menggunakan sarung tangan dan masker disarankan demi mencegah penyebaran/ penularan.
  • Selalu membuang tisu atau masker serta sarung tangan yang sudah digunakan.

Jika gejala corona bertambah parah, maka diperlukan penanganan medis secara khusus. Untuk saat ini, pengobatan yang paling memungkinkan yaitu dengan memberikan obat pereda demam serta nyeri, memperbanyak minum air putih, istirahat cukup, dan tentunya berada di ruangan isolasi khusus supaya virus tidak menyebar ke orang lain.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Virus Corona atau COVID-19 yang Menyerang Dunia

Demikian info mengenai cara terhindar dari virus corona, semoga bermanfaat. Pastikan mulai saat ini hidup sehat dan melakukan pencegahan corona yang sudah disampaikan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,363FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan