Kamis, April 9, 2020

5 Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah Saat Wabah Virus Corona

Saat virus corona atau Covid-19 semakin menyebar luas, pemerintah menyarankan agar warga tetap di rumah dan melakukan aktivitas di rumah, termasuk olahraga.

Seperti yang sudah kita ketahui, upaya pencegahan sangan penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus corona agar tidak meluas.

Dengan mencuci tangan sampai bersih, tidak pergi ke negara terjangkit, mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan tidak keluar rumah untuk sementara waktu, kita sudah ikut andil dalam pencegahan penularan Covid-19.

Selain itu, kita juga bisa meringankan tugas petugas medis yang bekerja keras mendedikasikan waktu serta tenanga untuk menangani pasien yang positif terjangkit corona.

Tidak usah panik, namun tetaplah waspada dan patuhi segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah demi kebaikan seluruh rakyat.

Beberapa waktu lalu, pemerintah pun meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan menginstruksikan para pekerja untuk berkerja dari rumah atau work from home dan menerapkan sosial distancing.

Dengan berdiam diri di rumah selama pandemi corona, mungkin Anda merasa bosan karena tidak bisa berkegiatan seperti biasa di luar rumah.

Namun tak perlu khawatir, bantak aktivitas yang bisa dilakukan rumah untuk mengusir rasa bosan, salah satunya yakni berolahraga.

Selain mengisi waktu luang, melakukan olahraga di rumah juga bisa membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar.

Olahraga di Rumah Saat Corona

Tak perlu khawatir, bagi pecinta olahraga kalian tetap bisa berolahraga di rumah karena mungkin beberapa pusat kebugaran ada yang tutup. Berikut olahraga ringan yang bisa dilakukan saat pandemi corona.

Jogging

Jika Anda berpikir jogging harus dilakukan di luar lingkungan rumah, berarti pikiran tersebut kurang tepat karena jogging bisa tetap dilakukan meski di dalam rumah.

Jika Anda memiliki halaman yang cukup luas, Anda bisa melakukan jogging di sana, bisa juga dengan berlari di tempat bisa juga dengan menggunakan treadmill yang Anda miliki.

Lompat tali (skipping)

Olahraga yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah lompat tali. Tentu lompat tali bisa dilakukan di mana pun kita mau, di dalam rumah pun bisa.

Ketika wabah virus corona yang membuat Anda harus di rumah, manfaatlah waktu untuk melakukan hal-hal yang baik, dengan olahraga lompat tali dapat membuat otot rileks dan berkeringan.

Yoga

Saat mengisolasi diri di rumah untuk mencegah penularan virus corona, yoga merupakan olahraga yang tepat untuk dilakukan.

Jika takut mengalami cedera, cobalah lakukan gerakan-gerakan sederhana yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Beberapa rekomendasi gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan yakni tree pose, cat-cow, mountain pose dan lain sebagainya.

Dengan olahraga yoga dapat bermanfaat meregangkan otot, membakar kalori dan membuat tubuh sehat tentunya.

Aerobik atau zumba

Mungkin biasanya erobik dan zumba sering dilakukan bersama teman-teman Anda, tetapi keduanya bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan saat mengisolasi mandiri di rumah.

Dengan memutar lagu dan paduan aerobik dan zumba pasti akan membuat Anda bersemangat meski tanpa kehadiran teman-teman. Lakukan olahraga ini kira-kira selama 30 menit setiap sore hari.

Olahraga kardio

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, olahraga kardio sangat cocok untuk dilakukan. Selain itu, olahraga kardio bisa menjaga jantung tetap sehat dan menjaga sistem imun tubuh.

Tak perlu menggunakan peralatan, Anda bisa melakukan gerakan seperti high knees atau gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot utama di bagian betis dan paha dengan kecepatan tertentu.

Ada juga bupree yang mengolah gerak keseluruhan tubuh, seperti squat, kick feet back, push up, kembali ke squat dan yang terakhir berdiri sambil meloncat.

Bagaimana, menyenangkan bukan melakukan olahraga di rumah? Semoga bermanfaat bagi Anda yang tetap ingin berolahraga meski di dalam rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,872FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan