Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Sederet Tips Membersihkan Rumah Supaya Terhindar dari Virus Corona

Sederet Tips Membersihkan Rumah Supaya Terhindar dari Virus Corona

Agar terhindar dari wabah virus corona (COVID-19) yang kini kian merebak di Indonesia, beberapa tips membersihkan rumah penting untuk Anda lakukan.

Dengan mengurangi penyebaran virus di dalam rumah, tentu saja kita juga dapat mengurangi korban yang terinfeksi COVID-19.

Untuk mencegah penularan virus corona, pemerintah bahkan memberikan imbauan pada masyarakat untuk tidak berkegiatan di luar rumah, menghindari keramaian, rutin mencuci tangan atau pakai hand sanitizer jika perlu dan selalu menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, sejumlah pemerintah daerah juga meliburkan sementara aktivitas belajar mengajar di sekolah. Sehingga siswa diminta untuk tetap belajar di rumah secara online atau dalam jaringan (daring).

Para karyawan juga ada sebagian yang diliburkan untuk mencegah virus corona agar tidak semakin banyak pasien yang terinfeksi.

Namun memang, tak sedikit juga masih masuk kerja karena mempunyai tugas penting dalam pekerjaan yang menuntutnya keluar rumah.

Dengan begitu, peluang terpapar virus corona akan lebih besar dibandingkan mereka yang mengisolasi diri da bekerja dari rumah.

Kita tidak bisa tahu secara pasti apakah orang tersebut tidak terpapar virus ketika sampai rumah atau sebaliknya.

Karena sulit mendeteksinya jika belum mengalami gejala-gejala, yakni demam, batuk dan lain sebagainya seperti yang dikatakan para petugas medis.

Tak menutup kemungikinan, mereka yang terpaksa beraktivitas di luar rumah membawa virus tersebut ke dalam rumah.

Meski para peneliti belum mengetahui lebih banyak mengenai SARS CoV-2, namun mereka telah mempelajari dan mengetahui apa kelemahan virus tersebut.

Untuk menjaga rumah dari virus corona, berikut beberapa tips-tips bersihkan rumah dari virus corona yang berhasil Rancah Post rangkum dari Tribunnews.com.

Tips Membersihkan Rumah dari Virus Corona

Selain mencegah banyaknya pasien yang terinfeksi, dengan upaya pencegahan yang dilakukan sekecil apapun itu tentu dapat sedikit meringankan tugas para perawat dan dokter.

Bukalah tirai rumah dan biarkan sinar matahari masuk

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dapat membuat virus-virus tidak akan betah. Kenapa demikian?

Ya, karena sebagian besar mikroorganisme dan virus dapat rusak akibat sinar UV, termasuk virus corona yang saat ini sedang mewabah di Indonesia.

Membuka jendela

Selain membuka tirai, membuka jendela bisa menjadi tips selanjutnya membersihkan rumah dari virus corona.

Hal tersebut karena udara segar yang masuk ke dalam rumah dapat menghilangkan kontaminan di ruangan, tak terkecuali partikel virus yang bertebaran di udara.

Pakailah pelembap ruangan

Berdasarkan hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa suhu tinggi dan kelempabab relatif tinggi juga bisa membuat transmisi virus corona berkurang.

Meningkatkan persentase molekul air di udara bisa membantu dalam sejumlah cara. Hal ini karena molekul air bisa merusak selaput luar pada virus sehingga meningkatkan kemungkinan masa hidupnya menjadi lebih singkat.

Selain itu, kelembapan juga memberikan pengaruh terhadap tubuh kita, seberapa baikah ia bisa mempertahankan diri terhadap patogen dan virus.

Dengan menjaga kelembapan tubuh dapat mengoptimalkan pertahan tubuh terhadap virus corona yang hendak masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir.

Membersihkan wastafel dan disinfeksi secara rutin serta teratur

Upaya pencegahan virus corona yang paling mudah adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Untuk itu, membersihkan sekitar wastafel sangatlah penting agar virus yang mendarat dan bertahan hidup bisa dibasmi.

Tindakan disinfektan juga penting untuk mencegah virus tersebut menjangkit orang lain. Jangan lupa untuk membersihkan meja, gagang pintu, gagang keran dan benda-benda lainnya yang sering Anda sentuh.

Membersihkan barang-barang yang sering digunakan setiap hari

Tips membersihkan rumah dari virus corona selanjutnya adalah membersihkan barang-barang sering Anda gunakan setiap hari seperti ponsel, pakaian, tas belanjaan dan lain sebagainya.

Sedikit banyaknya upaya yang dilakukan bisa membawa perubahan besar dalam memperhambat penyebaran virus corona.

Ingat, selalu patuhi apa yang diimbau oleh pemerintah demi kebaikan bersama. Semoga tips-tips membersihkan rumah dari virus corona tadi bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,684FansSuka
1,808PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan