Kamis, April 9, 2020

Mengonsumsi Yoghurt, Salah Satu Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Setiap wanita tentu akan dihadapkan pada berbagai masalah organ kewanitaan, salah satunya keputihan. Meski pada dasarnya keputihan sangat normal terjadi, akan tetapi hal tersebut akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Sehingga pada akhirnya para wanita mencari cara mengatasi keputihan tersebut.

Apakah Anda tahu apa sih keputihan itu? Keputihan merupakan sel ataupun cairan dari miss V yang menyeluruh. Kondisi ini memang sangatlah lumrah terjadi, apalagi jika wanita yang mengalami keputihan telah memasuki masa puber.

Akan tetapi, normal atau tidaknya keputihan yang dialami, bisa Anda lihat dari warna, tekstur, dan juga bau lendir yang keluar.

Pada saat wanita mengalami keputihan, cairan yang akan diproduksi oleh kelenjar dari miss V dan juga leher rahim itu biasanya akan keluar dengan membawa pula sel yang sudah mati dan bakteri.

Mekanisme alami ini terjadi agar kesehatan miss V Anda tetap terjaga dari berbagai infeksi.

Kendati demikian, banyak sekali wanita yang mengkhawatirkan mengenai bahaya keputihan yang biasanya akan muncul seperti gatal, bahkan sampai menimbulkan aroma tak sedap.

Untuk itu, yuk lakukan cara mengatasi keputihan secara alami berikut ini agar organ kewanitaan Anda tetap terjaga kebersihan dan juga kesehatannya.

Cara mengatasi keputihan secara alami

Hindari menggaruk
Saat Anda mengalami keputihan yang disertai dengan gatal, alangkah baiknya Anda tak menggaruk miss V Anda. Hal ini hanya akan mengakibatkan rasa gatal yang semakin parah saja.

Untuk mengurangi rasa gatal yang Anda rasakan tersebut, cobalah dengan membilas miss V Anda dengan menggunakan air hangat agar tak menambah rasa gatal yang semakin meradang.

Daun sirih
Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih memang sudah sangat populer sejak zaman dahulu, Anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi beberapa masalah keputihan yang gatal, bau, atau berwarna tak normal.

Caranya pun sangatlah mudah yakni hanya dengan merebus 3 lembar daun sirih dengan dua gelas air pada api yang kecil, tunggu sampai airnya mendidih sehingga hanya tersisa satu gelas.

Setelah itu, minumlah air rebusan daun sirih sebanyak 2-3 kali sehari.

Mengompresnya dengan air dingin
Selain menggunakan daun sirih, Anda juga bisa menggunakan air dingin untuk membantu Anda dalam meredakan rasa gatal di area miss V yang disebabkan oleh adanya keputihan.

Anda hanya perlu menyiapkan air dingin dan handuk kemudian mulailah mengompreskannya pada organ kewanitaan Anda sampai perlahan-lahan rasa gatalnya menghilang.

Bawang putih
Pada bawang putih mempunyai antibakteri dan juga antiinflamasi yang mampu mengatasi masalah keputihan, Anda hanya perlu mengonsumsi bawang putih setiap hari agar bisa mengatasi keputihan yang mengganggu.

Kunyit
Kunyit juga bisa Anda jadikan sebagai cara mengatasi keputihan. Kandungan yang terdapat pada kunyit juga sangatlah baik Anda gunakan untuk membantu menghilangkan gangguan keputihan seperti gatal dan juga bau tak sedap.

Caranya Anda hanya cukup meminum air perasaan yang dihasilkan dari kunyit secara rutin setiap hari. Dan minumlah dua kali sehari agar keputihan Anda segera hilang.

Daun sambiloto
Bahan yang selanjutnya dapat Anda gunakan untuk mengatasi keputihan yaitu daun sambiloto. Daun sambiloto sangatlah mudah untuk ditemukan karena tumbuh di mana-mana.

Caranya pun sangatlah mudah, rebus beberapa daun smbiloto yang sudah bersih kemudian minum air rebusan tersebut dengan teratur.

Lidah buaya
Lidah buaya dipercayai bisa meredam jaringan rahim agar mencegah keluarnya cairan yang tak normal dari miss V.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, Anda hanya cukup memblender lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya, kemudian rebus bersama dengan daun sambiloto.

Minumlah ramuan ini dua kali dalam sehari, ya.

Mengkonsumsi yoghurt
Yoghurt menjadi salah satu makanan probiotik yang mengandung bakteri baik bagi tubuh.

Pada jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Antimicrobial Chemotherapy menegaskan jika kandungan probiotik pada yogurt ternyata mampu mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur pada organ kewanitaan.

Mengganti celana dalam dengan rutin
Pada umumnya wanita disarankan untuk mengganti celana dalamnya minimal dua kali dalam sehari.

Akan tetapi, jika Anda sedang mengalami keputihan atau sedang mempunyai kegiatan yang cukup menguras keringat, sangat disarankan untuk Anda mengganti celana dalam Anda guna menjaga miss V tetap kering.

Gunakan juga celana dalam yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keputihan.

Kendati demikian, meski telah melakukan cara-cara di atas dan keputihan tak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,872FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan