Sabtu, 11 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Bahaya Apabila Anda Makan Terlalu Banyak

7 Bahaya Apabila Anda Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak ternyata tidak baik dan bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda. Namun sayang, hal tersebut jarang diketahui banyak orang.

Makan memang menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk semua orang, dengan mengkonsumsi makanan energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas akan terpenuhi.

Perlu Anda ketahui, menjaga kesehatan tubuh itu juga tak kalah penting. Menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang bisa menjadi cara yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, jaga pola makan jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena sesuatu yang dikonsumsi berlebihan itu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tak mudah memang, apalagi saat disuguhkan menu makanan yang lezat dan menggugah selera, pastinya nafsu makan akan meningkat untuk segera melahapnya sulit dikontrol.

Perilaku mengkonsumsi makanan telalu berlebihan ternyata tidak hanya akan membuat berat badan bertambah, ada beberapa dampak buruk lainnya yang bisa Anda alami.

Lantas, apa saja dampak buruk terlalu banyak makan? Kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Bahaya Makan Terlalu Banyak

Langsung saja, mari kita simak berikut ini 5 bahaya mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan.

Perut akan menjadi buncit

Sudah jelas, makan makanan terlalu banyak akan membuat perut Anda menjadi buncit. Pastinya kalau memiliki perut buncit akan membuat Anda merasa tidak nyaman, baik dalam beraktivitas maupun dalam segi penampilan.

Untuk itu, lebih bijaklah dalam mengkonsumsi sesuatu, agar nantinya tidak berdampak buruk bagi tubuh Anda. Jika sudah terjadi, cobalah untuk mencari cara mengecilkan perut buncit.

Perut terasa kembung

Jangan biarkan perilaku makan terlalu banyak membuat aktivitas Anda terhambat. Makan terlalu berlebihan bisa akan membuat kapasitas dalam perut terbatas, hingga akhirnya rasa tidak nyaman dan perut yang terasa kembung timbul.

Kualitas tidur akan terganggu

Terlalu banyak makanan bisa membuat kualitas tidur terganggu. Terganggunya ritme tidur bisa membuat kualitas tidur yang Anda dapatkan berkurang, yakni dengan membuat Anda sulit tidur di malam hari. Selain itu, hormon yang memicu rasa lapar dan kantuk akan menjadi tidak teratur.

Kinerja organ ginjal terganggu

Bahaya makan terlalu banyak bisa juga membuat kinerja organ ginjal terganggu karena harus berkerja keras ketika menyaring dan mengeluarkan protein atau racun berlebihan yang Anda konsumsi.

Nah, ketika ginjal tak mampu untuk mengolah protein yang berlebih, otomatis protein tersebut dapat tertumpuk pada ginjal sehingga menimbulkan beberapa penyakit, di antaranya batu ginjal.

Kadar gula darah naik

Anda tidak boleh menganggap sepele terkait meningkatnya kadar gula darah, karena hal tersebut bisa berpontensi timbulnya resistensi insulin sehingga memicu terjadi penyakit diabetes. Salah satu hal yang bisa menyebabkan kadar gula darah naik adalah makan terlalu berlebihan.

Dapat menjadi pemicu timbulnya sensasi panas pada dada

Biasanya yang sering merasakan panas di dada adalah mereka yang menderita penyakit maag. Tapi ternyata seseorang yang makan terlalu banyak pun bisa merasakannya.

Hal ini disebabkan ketika Anda makan dalam porsi yang berlebihan membuat produksi asam lambung meningkat sehingga menjadi pemicu timbulnya sensasi panas pada bagian dada.

Obesitas

Lemak dalam tubuh akan menumpuk kalau Anda makan terlalu banyak, apalagi jika dibarengi dengan perilaku Anda yang mager alias malas gerak dan malas berolahraga.

Berat badan yang terus meningkat karena makan berlebihan lalu dibiarkan begitu saja bisa berujung terkena obesitas. Apabila sudah obesitas, risiko terkena penyakit lain seperti kanker pun bisa terjadi.

Itulah beberapa bahaya makan terlalu banyak. Sebaiknya makanlah secukupnya dan jangan lupa untuk rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat juga bugar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,369FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan