Sabtu, 11 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Makanan Penyebab Kista Ovarium

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Ternyata ada beberapa makanan yang bisa jadi penyebab munculnya penyakit kista ovarium. Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit ini memang sangat ditakuti oleh kaum wanita.

Untuk itu ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari karena takutnya bisa memicu penyakit kista ovarium muncul.

Akan tetapi, tidak ada makanan yang bisa menyebabkan kista ovarium muncul secara langsung. Namun, ada beberapa makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kinerja ovarium dan hormon yang mengatur sistem reproduksi.

Sudah tahu apa itu kista ovarium? Ya, kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada ovarium atau indung telur wanita. Umumnya, setiap wanita mempunyai dua indung telur pada sisi kanan dan kiri rahim.

Kista tersebut muncul ketika Anda dalam masa subur atau sedang haid. Kondisi tersebut tidaklah berbahaya dan seiring berjalannya waktu dapat menghilang denga sendirinya.

Namun yang membuat wanita was-was yakni ketika kista ovarium pecah, ukurannya besar, dan membuat aliran darah menuju ovarium terhalang.

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan apabila kista ovarium mengalami gangguan seperti nyeri di rongga panggul, rasa penuh di dalam perut, perut bengkak dan kembung.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya Anda lebih memperhatikan gaya hidup untuk merubahnya menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kista ovarium, bisa karena siklus menstruasi, ataupun pertumbuhan sel yang tidak normal. Kendati demikian, kista ovarium biasanya bersifat jinak.

Selain itu, kista ovarium juga bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang Anda konsumsi. Namun, seperti yang sudah dijelaskan tadi, makanan tersebut tidak secara langsung menyebabkan kista.

Meski begitu, kandungan zat yang ada dalam makanan bisa berpengaruh pada fungsi ovarium dan hormon yang berperan mengatur sistem reproduksi.

Lalu apa sajakah makanan tersebut? Berikut ini Rancah Post telah menyiakan beberapa makanan yang bisa memicu kista ovarium.

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Langsung saja, mari kita simak pembahasannya!

Daging merah

Mengkonsumsi daging merah sebaiknya Anda kurangi, atau kalau bisa lebih baik segera untuk menghindarinya. Kenapa demikian? Ya, karena daging merah mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga menyebabkan berkembangnya sel abnormal di tubuh.

Makanan cepat saji

Kegiatan yang padat dan sehingga Anda super sibuk sampai tidak punya waktu untuk memasak terkadang membuat seseorang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji karena dianggap lebih praktis.

Akan tetapi, makanan cepat saji bisa menjadi salah satu makanan penyebab kista ovarium muncul. Hal ini sangat perlu dihindari apalagi bagi Anda yang pengidap kista ovarium.

Lebih baik segera hindari menyantapnya terlalu banyak. Perlu Anda ketahui, makanan cepat saji bisa meningkatkan risiko komplikasi seperti kanker ovarium karena mengandung pengawet dan kolesterol.

Gandum

Siapa sangka, gandum ternyata bisa memicu kista ovarium karena kandungan asam fitat yang mengikat mineral seperti magnesium dan seng.

Kafein

Tak hanya makanan, minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya Anda hindari. Hal tersebut karena kafein bisa mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah secara bijak.

Alkohol dan soda

Minuman yang memicu munculnya kista ovarium adalah alkohol dan soda. Hal ini karena kedua minuman tersebut dan membuat kadar estrogen meningkat sehingga bisa membuat keadaan semakin tidak baik.

Itu dia beberapa makanan yang bisa jadi penyebab munculnya penyakit kista ovarium. Lebih bijaklah dalam mengkonsumsi makanan apapun, terapkan gaya hidup sehat dan rutinlah berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,369FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan