RANCAH POST – Hampir setiap orang ketika mencari kehangatan pasti dekati minuman beralkohol. Minuman  ini juga dipercaya sebagai penghantar tidur. Namun sepertinya Anda harus berpikir ulang mengenai efek samping yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol ini.

Menurut studi yang dilakukan para ilmuwan di University College of London, pengkonsumsi alkohol berat selama 20 tahun, berpotensi besar kehilangan ingatan pada usia lanjut.

Studi tersebut dilakukan dengan melacak kebiasaan minum dari 5.054 pegawai negeri sipil selama sepuluh tahun sampai akhir 1990-an, dan kemudian menguji kemampuan mental mereka selama sepuluh tahun ke depan hingga 2009.

“Studi kami memfokuskan pada peserta setengah baya dan hasil menunjukkan bahwa peminum berat mengalami penurunan kecepatan pada semua fungsi kognitif,” kata Dr Séverine Sabia, penulis utama studi tersebut.

“Banyak bukti penelitian tentang minuman beralkohol dan hubungannya terhadap memori dan fungsi eksekutif didasarkan pada populasi yang lebih tua,” tambah Dr Sabia.

Para peminum berat juga mendapatkan hasil yang buruk dalam uji coba kefasihan lisan dan kemampuan matematika. Hasil penelitian menunjukkan: penurunan kemampuan lebih cepat satu setengah tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology tersebut menarik kesimpulan bahwa konsumsi alkohol berat di usia pertengahan mungkin akan berbahaya bagi penuaan kognitif, setidaknya pada pria.

Share.

Leave A Reply