Kamis, April 2, 2020

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

Cara menghilangkan keloid secara alami menggunakan bahan-bahan sederhana ternyata bisa juga lho, teman-teman.

Apa itu keloid? Ya, keloid adalah penyakit kulit yang timbul diakibatkan pertumbuhan jaringan luka yang tidak normal atau berlebihan usai pulihnya luka, hingga menebal, menonjol, melebar dengan permukaan yang licin dan teraba dibagian atasnya.

Penyebab keloid itu tadi karena luka atau cedera, pembedahan, bahkan masalah jerawat yang berlangsung cukup serius. Keloid memiliki warna yang berbeda dari warna asli kulit. Tentu hal tersebut membuat seseorang tidak percaya diri.

Cara menghilangkan keloid dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti silikon gel, suntikan fluorouracil, dan lain sebagainya. Namun, ternyata selain cara-cara tersebut, ada juga cara yang mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

Berikut ini beberapa cara menghilangkan keloid dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Lidah buaya

Manfaat aloe vera atau lidah buaya memang sudah diketahui banyak orang. Lidah buaya juga dapat membantu dalam metode pengobatan keloid.

Hal itu karena dapat membantu mengurangi peradangan, menjaga kulit tetap lembap dan menyembuhkan kulit yang mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, lidah buaya juga memiliki manfaat yang bisa membantu mencegah terjadi infeksi di kulit. Caranya, bersihkan aea bekas luka menggunakan air hangat, kemudian oleskan gel lidah buaya segar ke bagian tubuh yang memiliki bekas luka.

Setelah itu, diamkan beberapa menit sebelum kemudian membilasnya dengan air hingga bersih. Cara tersebut bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Madu

Madu itu memiliki sifat dapat menyembuhkan dan melembapkan kulit. Madu pun dapat menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan ampuh.

Caranya, cukup dengan mengoleskan madu asli pada bekas luka, lalu lakukan pijatan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasin dari sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Bawang putih

Manfaat yang terkandung dalam bawang putih dapat mencegah proliferasi fibroblast yang berlebihan. Diketahui itu merupakan salah satu penyebab keloid.

Caranya, cukup dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih. Lalu oleskan pada kulit yang ada bekas luka atau keloidnya sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air hingga meser.

Namun, perlu Anda ketahui, apabila perawatan ini menyebabkan rasa terbakar atau iritasi, maka segeralah mencuci area tersebut dengan menggunakan air hangat.

Jus lemon

Lemon memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi yang dapat membantu dalam mengatasi keloid dan berbagai jenis luka.

Cara menghilangkan keloid secara alami menggunakan jus lemon cukup mudah, dengan memeras lemon untk diambil sarinya, kemudian oleskan pada bekas luka atau keloid.

Diamkan selama 30 menit sebelum kemudian membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan ini bisa dilkukan 2 kali sehari.

Cuka apel

Cuka sari apel dapat meminimalkan kemerahan dan ukuran bekas luka. Namun, sebelum digunakan sebagai cara mengatasi keloid, Anda terlebih dahulu harus mengencerkannya dengan air.

Soda kue

Manfaat soda kue dapat menjadi salah satu cara menghilangkan keloid dengan alami. Bahan ini dapat menjaga kulit tetap bersih dan membantu pengelupasan kulit.

Caranya, cukup mencampurkan baking soda atau soda kue dengan hidrogen peroksida dengan perbandingan 1:3. Lalu, oleskan masker ke keloid menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat selama 20 menit.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan keloid secara alami dan ampuh. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan Anda harus lebih telaten dan sabar mengobatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,921FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan