Connect with us

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan – Nama rempah-rempah yang satu ini pastinya sudah melekat erat di telinga kita karena bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang biasa Anda gunakan untuk menyedapkan masakan. Namun dibalik fungsinya itu tersimpan banyak rahasia yang mana bawang putih juga memiliki sejuta manfaat lain yang pastinya bagus untuk kesehatan. Bawang putih merupakan tanaman jenis umbi-umbian dan tanaman ini berasal dari Asia Tengah.

Nama latin dari bawang putih adalah Allium Sativum, tanaman ini tumbuh dengan tinggi sekitar 50-60 cm saja. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman ini juga kerap digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan gizi yang dimilikinya begitu banyak sehingga bawang putih menghasilkan manfaat yang tiada habisnya. Salah satu kandungan yang terdapat pada bawang putih diantaranya seperti Karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, betakaroten, thiamin, vitamin c, volat, magnesium, zat besi, fosfor, kalium mangan dan sebagainya.

Semua yang terkandung di dalam bawang putih dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan mengkonsumsi bawang putih kita dapat memiliki stamina yang baik saat bekerja dan meningkatkan nafsu makan apabila kita mengkonsumsinya secara mentah-mentah. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang dihasilkan dari bawang putih ini diantaranya sebagai berikut.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Menangkal Serangan Kanker
Kanker yang kita kenal sebagai penyakit berbahaya itu dapat kita atasi dan kita cegah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung dialil sulfida yang mana kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam mencegah penyakit kanker. Bagi wanita yang suka mengkonsumsi bawang putih namun tidak berlebihan, maka Anda akan terhindar dari resiko kanker payudara.

Menyuburkan Rambut
Ketika kita memiliki masalah pada rambut pastinya kita ingin segera mengatasinya karena rambut merupakan sebuah mahkota yang harus kita jaga keindahannya. Namun bagaimana jika rambut kita kerap rontok berkepanjangan? Pastinya hal ini jika terus terjadi dapat mengakibatkan kebotakan dan cara alami yang dapat Anda lakukan salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih diiris kecil kemudian dipijat-pijatkan pada bagian kepala. Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun jika perlu, lakukan secara rutin maka akar rambut Anda akan kembali kuat seperti semula.

Mencegah dan Mengobati Flu
Bawang putih ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi flu karena sifat dari bawang putih sendiri mampu menghangatkan tubuh. Kami tidak menyarankan untuk mengkonsumsinya secara mentah, tetapi Anda bisa menyeduhnya dengan campuran teh dan bawang putih sebagai campurannya. Selain teh, Anda juga bisa menggunakan madu atau jahe agar badan terasa hangat dan flu minggat.

Mengatasi Keracunan
Untuk mengatasi keracunan, selain dengan menggunakan air kelapa juga bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengusir racun yang ada di dalam tubuh. Langkah ini bisa Anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang keracunan dan manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari bawang putih adalah bawang putih dapat memperlambat penuaan dini.

Mengusir Nyamuk
Jika dirumah Anda kerap dihinggapi banyak nyamuk, berdasarkan penelitian yang dilakukan di India menyebutkan bahwa orang yang menggosok-gosokan tubuhnya dengan menggunakan bawang putih maka dirinya akan terhindar dari gigitan nyamuk. Nyamuk tidak menyukai bau yang keluar dari bawang putih atau bau-bauan lain seperti lavender jadi cara ini bisa menjadi alternatif ketika dirumah Anda banyak nyamuk dan persediaan obat nyamuk tengah habis.

Untuk menjaga kesehatan tubuh tidaklah sulit asalkan ada kemauan dan usaha pasti Anda bisa memiliki tubuh dan jiwa yang sehat. Jangan lupa untuk tetap berolahraga karena dengan olahraga maka aliran darah akan lancar dan fungsi jantung dapat bekerja secara optimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top