Kamis, 2 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Tanda dan Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami

Tanda dan Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami

Tanda dan cara mengobati anak cacingan wajib orang tua ketahui. Karena cacingan adalah satu masalah besar yang dihadapi oleh si kecil.

Tak jarang orang tua masi menganggap remeh akan hal ini. Padahal, jika terus dibiarkan adanya cacing dalam tubuh si kecil dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanganya.

Hal tersebut dikarenakan cacing akan menyerap sari-sari makanan yang terdapat dalam usus dan sel-sel darah.

Perlu bunda ketahui, cacingan sangat rentan terjadi pada anak-anak, karena mereka terkadang masih mengabaikan masalah kebersihan, baik diri sendiri maupun lingkungan.

Selain itu, anak-anak juga rentan mengalami cacingan dari makanan serta minuman yang tidak higienis dan dimasak dengan cara yang tidak benar.

Salah satu cara penularan infeksi cacing yang paling sering pada anak yakni, menempelnya telur cacing di tangan atau kaki anak tanpa disengaja, yang kemudian tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Sebagian besar kasus cacingan tidak dapat menunjukan tanda yang serius. Akan tetapi ada beberapa tanda-tanda khas anak yang terkena cacingan yang bunda kenali.

Tanda anak cacingan, seperti sering kali merasa sakit perut, kurang nafsu makan hingga berat badan menjadi turun, gatal di sekitar anus, gelisah saat tidur karena sering menggaruk di sekitar anus, mudah marah, mudah tersinggung, dan kemerahan atau iritasi kulit di sekitar anus.

Tak hanya itu, beberapa jenis cacing juga bisa terlihat saat anak buang air besar (BAB) atau pada sekitar anus si kecil.

Salah satu jenis cacing nampak seperti potong-potongan kecil seperti benang dengan bentuk sangat kecil, sekitar 2-13 mm.

Tapi jangan khawatir bunda, jika si kecil memiliki tanda-tanda cacingan seperti tadi, ada cara untuk mengobati anak cacingan.

Cara Mengobati Anak Cacingan

Berikut ini beberapa mengatasi anak cacingan secara alami dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Wortel

Kandungan vitam A yang terdapat dalam wortel tak hanya baik untuk menyehatkan mata, ternyata vitamin A juga bisa menjadi salah satu cara mengobati anak cacingan secara alami.

Caranya, siapkan wortel, garam, santan kelapa dan air secukupnya. Lalu parut 5-7 buah wortel, peras dan ambil sarinya.

Campur air perasan wortel dengan santan kelapa dan beri sedikit garam, aduk terus hingga merata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, minum ramuan ini secara rutin dan teratur pada malam hari sebelum si kecil tidur.

Kunyit

Cara mengobati anak cacingan secara alami berikutnya adalah kunyit. Rempah satu ini merupakan antiseptik internal dan membantu menghilangkan semua jenis cacing usus.

Minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok kunyit sekali setiap hari, lakukan selama lima hari. Minum ramuan ini selama satu minggu untuk menghancurkan cacing usus.

Daun pepaya

Cara mengobati anak cacingan dengan daun pepaya ternyata bisa lho, bun. Daun pepaya bisa membantu mengobati cacing kremi yang sering menginfeksi sistem pencernaan.

Caranya, siapkan 1 lembar daun pepaya, 15 gram akan pohon bunga melati. Cucilah kedua bahan yang sudah disiapkan tadi menggunakan air hingga bersih.

Kemudian rebus dengan 600 cc air, sisakan setengah air rebusannya. Minum air rebusan bahan tadi selagi masih hangat, lakukan secara rutin dan teratur 2 kali sehari agar mendapat hasil yang optimal.

Bawang putih

Selain sebagai salah satu bahan yang dijadikan sebagai masakan, bawang putih ternyata bisa menjadi salah satu cara mengobati anak cacingan secara alami.

Caranya, siapkan gula merah secukupnya, 3 siung bawang putih, dan 30 gram akar pepaya.

Cuci semua bahan tadi dengan air hingga bersih. Potong gula merah menjadi beberapa bagian.

Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Minum selagi hangat dan lakukan secara rutin serta teratur 2 kali dalam sehari.

Nah, itu tadi bunda tanda dan cara mengobati anak cacingan. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan itu sangat penting, agar si kecil terhindar dari cacingan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,407FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan