Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Membuat Sate Bandeng Khas Banten

Resep Membuat Sate Bandeng Khas Banten

Resep membuat sate bandeng khas Banten, sate bandeng ini merupakan salah satu hidangan yang lezat khas Banten dan banyak terdapat di daerah Serang.

Biasanya bahan dasar sate adalah daging kambing, daging ayam, atau daging sapi. Akan tetapi menu makanan sate yang terbuat dari ikan bandeng ini tak kalah lezat dengan sate pada umumnya.

Mulanya sate bandeng diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke-16 untuk menjamu tamu yang datang ke kerajaan.

Seperti yang sudah kita ketahui ikan bandeng ini memiliki banyak duri di dalamnya, sehingga membuat seseorang kesulitan saat ingin menyantapnya.

Cara yang berbeda disajikan oleh juru masak agar dapat dikonsumsi dengan mudah, sehingga terciptalah menu makanan sate bandeng yang tetap populer hingga saat ini.

Sate bandeng sendiri dibuat dengan bahan utamanya yakni ikan bandeng. Selain enak, ikan yang dijuluki ‘milkfish’ ini memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh.

Di antaranya, mengonsumsi ikan bandeng dapat menjaga daya tahan tubuh, merawat fungsi ginjal, merawat tulang dan gigi, menurunkan kadar kolesterol, merawat fungsi mata, mencegah penyakit saraf, mencegah radang sendi dan masih banyak manfaat lainnya.

Berbagai macam makanan yang menggunakan bahan utama ikan bandeng sangatlah banyak, salah satunya yang paling enak adalah sate bandeng. Rasa gurih dari kelezatan sate bandeng ini cocok disantap bersama dengan keluarga atau orang terdekat lainnya.

Ingin membuatnya tapi belum tahu resepnya? Jangan khawatir, di artikel kali ini kami telah menyiapkan resep membuat sate bandeng khas Banten yang lezat dan nikmat.

Cara Membuat Sate Bandeng Khas Banten

Berikut ini resep dan cara membuat sate bandeng khas Banten yang mudah menggunakan bahan-bahan yang tak sulit di dapat, ikuti terus ya!

Resep

2 ekor ikan bandeng, ukuran masing-masingnya 600 gram
100 ml santan dari setengah butir kelapa parut
50 gram kelapa, parut lalu sangrai
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/2 sdt air asam
1/2 sdt gula pasir
2 sdm minyak
Daun pisang secukupnya
Bambu untuk penjepit
4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
3 buah cabai merah keriting
1/4 sdt jintan
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit, dibakar
1 cm jahe
1 cm lengkuas

Cara membuat

Langkah pertama, pukul-pukul ikan bandeng yang sudah Anda siapkan tadi lalu patahkan tulang ekornya dan keluarkan. Simpan kulit dan kepalanya.

Selanjutnya ambil daging bandeng sekitar 370 gram dengan menggunakan sendok. Kemudian, sangrai daging bandeng sampai mengering dan pisahkan duri-durinya.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, jintan, ketumbar, kunyit, jahe dan lengkuas. Setelah itu, nyalakan kompor, panaskan minyak pada wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai tercium bau harum.

Masukkan daging bandeng yang sudah disangrai, kelapa sangrai, air asam, garam dan gula pasir. Jika masih terasa kurang, aduk sampai rata. Anda bisa menambahkan takaran bumbunya sesuai selera.

Setelah merata, angkat daging bandeng lalu masukkan santan dan telur yang sudah Anda siapkan tadi. Jangan lupa diaduk sampai semua bahan tercampur rata.

Kemudian, ambil sedikit adonan, lalu sisihkan menjadi 2 bagian. Masukkan masing-masing adonan daging bandeng ke dalam kulit bandeng. Bentuk ulang agar terlihat rapi dan menarik.

Jepit bandeng dibarengi dengan bumbu, bungkus menggunakan daun pisang. Panggang sampai bandeng benar-benar matang sambil di olesi bumbu yang tersisa.

Itu tadi teman-teman, langkah demi langkah sudah kami jelaskan. Bagaimana, tidak sulit bukan resep dan cara membuat sate bandeng khas Banten? Tunggu apalagi, giliran Anda untuk mencoba memperaktikannya di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan