RANCAH POSTTips mencuci dan memasak daging ayam. Daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga banyak vitamin. Dari mulai vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, hingga vitamin B6. Namun dalam keadaan yang masih mentah, daging ayam juga memiliki kandungan yang banyak bakteri, misalnya Salmonella, E. Coli, Enterokokus, dan juga Campylobacter.

Bakteri-bakteri yang terdapat pada daging ayam itu dapat dengan mudah menyebar serta menyusup masuk ke dalam tubuh kita, apabila kita tak sungguh-sungguh ketika mencuci dan juga mengolah daging ayam. Itu dikarenakan kita mesti mengetahui tentang tips mencuci dan juga memasak daging ayam yang tepat. Nah, berikut ini beberapa tips mencuci dan juga memasak daging ayam.

Tips Pertama
Daging ayam mentah sesungguhnya tak harus dibilas dengan air, sebab semua bakteri akan mati ketika proses memasak. Mencuci daging ayam justru dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri.

Tips Kedua
Apabila masih merasa kurang sreg jika tak mencuci daging ayam sebelum dimasak, maka yang mesti dilakukan yaitu rendam dulu daging ayam dengan menggunakan air hangat selama kurang kebih 10 sampai 15 menit, lalu kemudian bilas dengan air mengalir.

Tips Ketiga
Cara yang lain, lap daging ayam dengan memakai cuka atau jeruk lemon guna mengurangi bakteri yang ada di dalamnya. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

Tips Keempat
Jika belum ingin langsung memasakknya, simpan daging ayam pada wadah yang bersih dan juga tertutup. Masukkan ke dalam freezer. Daging ayam umumnya dapat bertahan 2 hingga 3 hari. Namun jika sudah berbau tidak sedap, lebih baik daging ayam tak dimasak lagi.

Tips Kelima
Ketika ingin memasak daging ayam dari freezer, cairkan terlebih dahulu daging ayam yang beku dengan cara dipindahkan ke kulkas bagian bawah. Jangan didiamkan di area dapur, sebab hal itu dapat menjadikan daging ayam terkontaminasi bakteri lagi. Atau, dapat pula mencairkannya dengan cara merendamnya dengan air dingin, jika daging ayam masih ada dalam plastik.

Tips Keenam
Guna mengolah daging ayam, seharusnya sediakan peralatan masak sendiri supaya bakteri tidak ikut menyebar ke makanan lainnya, misalnya sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Dari mulai wadah yang akan digunakan untuk mencucinya, wadah untuk menyimpannya, sampai pisau dan juga talenan. Khusus untuk talenan, usahakan menggunakan alat yang dibuat dari plastik, bukan yang dibuat dari kayu. Karena, talenan kayu mempunyai banyak pori yang dapat menjadi tempat bersembunyinya bakteri-bakteri.

Tips Ketujuh
Sebelum memulai untuk memasak, keringkan terlebih dahulu daging ayam dengan menggunakan handuk ataupun kertas tissue. Kemudian ketika proses memasak tengah berlangsung, pastikan daging ayam dimasak sampai benar-benar matang. Jangan ada bagian yang berwarna merah muda, sebab itu menandakan jika daging ayam baru setengah matang dan juga bakteri-bakterinya mungkin belum mati semua. dan harus diingat, dari semua bagian daging ayam, bagian yang memerlukan waktu paling lama untuk matang yaitu ceker.

Itulah beberapa tips mencuci dan memasak daging ayam. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply