RANCAH POST – Resep pindang bandeng khas imlek. Tahun baru Cina sudah di depan mata girls. Hanya tingga beberapa hari lagi para kaum Tionghoa akan merayakan momen pergantian tahun ini.

Nah, di momen ini biasanya akan disajikan makanan-makanan khas imlek ladies. Seperti yang satu ini, menu resep pindang bandeng imlek ini merupakan lambang jika akan selalu ada sisa rejeki yang berlimpah dari berbagai sektor kehidupan di tahun yang baru. Yuk intip resepnya dibawah ini.

Resep Pindang Bandeng khas Imlek

Bahan-bahan :

1 ekor ikan bandeng, potong jadi 6
1 sdm garam
1,5 liter air
5 butir bawang merah
4 cabai rawit
4 cabai merah
1 butir jeruk nipis
5 sdm kecap manis
2 ruas jari jahe
3 ruas jari kunyit
3 sdm air asam jawa
1,5 sdm gula jawa, sisir halus

Cara memasak :

Pertama, bersihkan ikan dari sisik dan isi perut. Cuci sampai bersih. Kemudian lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan garam, lalu remas. Diamkan ikan selama kurang lebih 20 menit kemudian cuci lagi hingga bersih. Masukkan ikan ke dalam panci dan lumuri badan ikan dengan kecap juga air perasan jeruk nipis hingga rata, sisihkan. Panggang cabai, bawang, jahe, dan juga kunyit sampai sedikit terbakar. Kupas bawang, kunyit, dan jahe kemudian memarkan. Ambil panci lalu masukkan air. Masukkan bumbu yang sudah dibakar tadi dan masak hingga mendidih. Tuang didihan air dan masak lagi hingga mendidih. Tambahkan garam, gula, dan air asam. Lalu masukkan ikan dan masak sampai matang. Jika sudah matang, angkat ikan dan taruh dalam piring saji. Pindang bandeng khas Imlek pun siap untuk disajikan.

Nah, itu tadi resep pindang bandeng khas imlek untuk melengkapi sajian di hari imlek nanti. Gimana, resep yang mudah bukan? Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply