Berburu Foto Instagramable di Tumpukan Kereta Bekas di Stasiun Sidotopo

Berburu Foto Instagramable di Tumpukan Kereta Bekas di Stasiun Sidotopo
Kereta Bekas di Stasiun Sidotopo. (DOLANDOLEN)

RANCAH POST – Mencari foto instagramable di Surabaya bisa dilakukan di banyak lokasi. Namun, kalau kamu ingin mendapatkan foto instagramable yang unik dan benar-benar beda, datanglah ke Stasiun Sidotopo.

Di sini, kamu tak akan menjumpai gerombolan calon penumpang yang bakal naik kereta. Sebagai gantinya, kamu bisa menemukan tumpukan kereta bekas yang bisa menjadi objek foto unik.

Stasiun Sidotopo memang dikenal sebagai 1 dari total 5 stasiun yang ada di Surabaya. Empat stasiun lainnya adalah Stasiun Semut, Stasiun Tanjung Perak, Stasiun Gubeng, dan Stasiun Pasar Turi.

Stasiun ini juga merupakan stasiun dengan jumlah emplasemen atau deretan peron paling banyak di Indonesia, mencapai 18 emplasemen.

Hanya saja, pemanfaatan stasiun ini tak dipakai untuk tempat keberangkatan penumpang, tapi digunakan sebagai tempat pengangkutan barang serta perawatan kereta penumpang.

Spot favorit para pengunjung tak lain adalah bagian barat Stasiun Sidotopo. Di sini, kamu bisa menemukan tumpukan lokomotif bekas yang sudah tak lagi dipergunakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Lokomotif-lokomotif tersebut sengaja ditempatkan dalam posisi saling bertumpukan agar dapat menghemat ruang lebih banyak.

Di sini, kamu bisa memotret deretan lokomotif yang tak lagi dioperasikan dengan sepuasnya. Tak ada batasan waktu seberapa lama kamu ingin berburu foto instagramable di sini.

Hanya saja, pastikan kamu datang dengan pakaian yang nyaman dan waktu yang tepat, biar tidak kepanasan di tengah teriknya Kota Surabaya. Namun sebelumnya, persiapkan juga tiket pesawat ke Surabaya dari jauh-jauh hari ya.

Cara menuju lokasi Stasiun Sidotopo Surabaya
Nama stasiun ini memang Stasiun Sidotopo. Meski begitu, lokasinya tidak berada tepat di wilayah Kelurahan Sidotopo.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus menuju ke Kelurahan Simokerto yang berada di sebelah selatan dari Kelurahan Sidotopo.

Cara Menuju Lokasi Stasiun Sidotopo Surabaya
Cara menuju lokasi Stasiun Sidotopo Surabaya. (AKTUAL)

Akses transportasi menuju ke Stasiun Sidotopo bisa ditemukan dengan mudah. kamu bisa menggunakan angkutan kota ataupun bus yang melintasi kawasan di sekitar stasiun. Kalau ingin cara yang lebih mudah, kamu dapat memanfaatkan layanan transportasi dari taksi online.

Sesampainya di Stasiun Sidotopo, kamu bisa berburu foto instagramable sepuasnya. Apalagi, tempat ini merupakan kawasan publik yang bisa diakses dengan tanpa diberlakukan tiket masuk.

Hanya saja, kamu harus mendapatkan izin terlebih dulu dari petugas yang ada di lokasi. Apalagi, sejatinya tempat ini merupakan kawasan yang seharusnya steril dari pengunjung.

Secara umum, cara mendapatkan izin untuk masuk ke area Stasiun Sidotopo tak terlalu menyulitkan. Kamu tak perlu melalui birokrasi yang njelimet untuk bisa masuk ke sana.

Hanya saja, kamu harus bisa meyakinkan petugas penjaga pintu masuk agar memperbolehkanmu masuk ke area stasiun.

Tumpukan Kereta Bekas di Stasiun Sidotopo
Tumpukan kereta bekas di Stasiun Sidotopo. (TRAVELINGYUK)

Selama ini, cukup banyak fotografer, baik amatir ataupun profesional yang bisa mendapatkan akses serta berburu foto cantik di stasiun ini.

Selain itu, selama berada di area stasiun, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan. Jangan pula melakukan tindakan yang bisa merusak keberadaan lokomotif-lokomotif bekas di stasiun ini.

Untuk para pelancong yang berasal dari luar Kota Surabaya, pastikan untuk memasukkan Stasiun Sidotopo sebagai salah satu destinasimu, ya. Ketika liburan ke Surabaya, kamu pun tak perlu bingung dengan biaya yang mahal. Kota ini terkenal memiliki biaya hidup yang murah.

Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa cari tiket pesawat murah ke Surabaya yang diberikan oleh layanan pemesanan tiket Airy. Di sini, kamu dapat menemukan beragam maskapai terkemuka Indonesia yang melayani penerbangan dari berbagai kota dengan tujuan Surabaya.

BACA JUGA: Tradisi Berpadu Kuliner di 5 Restoran Unik Malang Ini

Tertarik? Yuk liburan bersama Airy sekarang!

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama