Tradisi Berpadu Kuliner di 5 Restoran Unik Malang Ini

Restoran Unik Malang
Restoran Unik Malang. (NET/IST)

RANCAH POST – Kekayaan kuliner adalah salah satu kebanggaan Kota Malang. Jika ingin pengalaman lebih komplet, pastikan mengunjungi lima restoran unik di Malang ini, yang memadukan budaya, tradisi serta kuliner bermutu dalam suasana unik bangunannya.

Jangan lupa untuk memasukkan mereka ke rencana perjalanan Anda saat mencari tiket promo ke Malang. Liburan ke Malang dijamin lebih berkesan dengan mengunjungi tempat kuliner berikut ini.

1. Taman Indie River View Resto
Taman India River View adalah restoran yang berlokasi di dekat Sungai Bango, Jalan Lawang Sewu Golf, Araya. Areanya setengah terbuka dan terdiri dari pondok-pondok mirip gubuk pedesaan, lengkap dengan atap rumbia, perabot kayu, ornamen antik, dan ubin batu. Setiap area santap berpadu sempurna dengan panorama sungai dan hutan kecil.

Taman Indie River View Resto Malang
Taman Indie River View Resto. (TRIPADVISOR)

Restoran ini menghidangkan berbagai menu Indonesia, seperti aneka olahan nasi, ayam, ikan, bebek, dan berbagai es atau kudapan lokal. Restoran ini buka dari pukul 10:00 hingga 22:00. Kisaran harganya standar, yaitu antara 40-ribuan hingga 70-ribuan.

2. Rumah Makan Inggil
Rumah Makan Inggil memadukan museum tradisional mini dengan restoran di dalam bangunan mirip gubuk. Bagian dalam restoran menggunakan lantai batu dan dihias benda-benda seperti topeng tradisional, wayang, serta panggung yang menampilkan hiburan tradisional pada malam hari.

Rumah Makan Inggil Malang
Rumah Makan Inggil. (BLOGSPOT)

Rumah makan ini juga memajang benda-benda antik seperti koleksi foto jadul, mesin jahit dan uang kuno, jam antik, poster-poster iklan lama, serta benda-benda yang mungkin jarang Anda lihat seperti pengeriting rambut kuno.

Hidangan khasnya berupa ayam bakar, gurami goreng, pepes tempe penyet, dan sate ayam. Restoran ini buka dari pukul 10:00 hingga 22:00, dan kisaran harganya cukup murah, mulai dari 10-ribuan.

3. Java Dancer Coffee
Kedai kopi yang ada di Jalan Kahuripan serta Jalan Jakarta ini memadukan konsep tradisional Jawa dengan hidangan kekinian. Kedai ini memiliki interior serba kayu, dan dihiasi patung para punakawan seperti Gareng, Bagong, Semar, dan Petruk. Becak antik, ubin bermotif tradisional, serta perabot kayu menjadi pelengkap sempurna suasana kedai kopi ini.

Java Dancer Coffee Malang
Java Dancer Coffee. (FOODGRAPHER)

Anda bisa menikmati berbagai kopi Nusantara, seperti kopi Java Estate, Bali, Aceh Gayo, Toraja, Mandheling, dan kopi luwak Sumbawa. Barista menyediakan berbagai pilihan pengolahan, mulai dari espresso, tubruk, cold brew, hingga French press. Nikmati juga jajanan seperti pizza, pasta, serta aneka roti dan kue. Kedai ini buka dari pukul 16:00 hingga 23:00.

4. Roemah Coffee Loe Mien Toe
Roemah Coffee Loe Mien Toe aslinya adalah rumah milik arsitek dan kolektor barang antik bernama Bowo Wasito. Pak Wasito membuka sebagian rumah tersebut untuk menampung publik yang ingin melihat-lihat koleksinya. Lokasi kedai kopi ini yang aslinya berada di Jalan Tata Surya nomor 2, Dinoto, Malang ini pun agak tersembunyi, sehingga Anda harus bertanya pada penduduk sekitar.

Bagian dalam kedai menawarkan nuansa campuran budaya Jawa dan Tionghoa yang kental. Anda bisa menikmati berbagai kopi Nusantara, teh, susu, kudapan, hingga makanan berat seperti nasi goreng, kwetiau, dan bebek goreng. Tempat ini buka untuk umum dari pukul 13:00 hingga 24:00.

5. Rumah Opa Kitchen and Lounge
Rumah Opa adalah restoran di Jalan Welirang yang memadukan konsep tradisional dan retro di dalam bangunan khas rumah ala Jawa era kolonial.

Bagian dalamnya didominasi warna kelabu lembut, tetapi dimeriahkan dengan pajangan barang antik, hiasan teko-teko porselen di rak, serta foto-foto lama.

Rumah Opa Kitchen and Lounge Malang
Rumah Opa Kitchen and Lounge. (TRAVELTODAYID)

Hidangan khas di sini justru lebih cocok untuk acara anak-anak muda kekinian, misalnya aneka pasta, pizza, es krim, kentang goreng, dan steik. Tempat ini buka dari pukul 10:00 hingga 01:00 dini hari.

Anda bisa menemukan setiap tempat ini dengan mudah di Malang, karena mereka cukup terkenal. Jangan lupa memesan tiket pesawat murah lewat Airy agar bisa berlibur dan berwisata kuliner sambil berhemat. Perjalanan semakin mudah, tiket pesawat juga semakin murah!!

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama