Wisata Sejarah Budaya Ciamis Murah Yang Wajib Dikunjungi

Situ Lengkong Panjalu
Situ Lengkong Panjalu

RANCAH POST – Untuk berlibur dan bertamasya, sekarang ini Anda tidak harus lagi mengeluarkan biaya yang besar dan berkunjung ke tempat-tempat kece seperti mall dan cafe besar.

Hanya dengan berkunjung ke tempat wisata sejarah budaya Ciamis juga Anda masih bisa berlibur dan merasakan suasana gembira.

Apalagi jika Anda ingin berlibur dengan membawa anak-anak, pasti dengan mengunjungi tempat wisata sejarah dan budaya bisa menjadi solusi edukasi secara tidak langsung untuk mereka.

Selain itu, pengetahuan budaya dan sejarah juga bisa terus menurun ke generasi selanjutnya.

Bagi yang bertempat tinggal di sekitaran wilayah Ciamis, ada banyak sekali tempat wisata budaya dan sejarah yang bisa dikunjungi.

Tempat Wisata Sejarah Budaya di Ciamis

Sebelum memutuskan untuk berlibur, ada baiknya Anda menyusun strategi dan memilih tujuan wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi.

Berikut beberapa tempat wisata yang sudah diringkas dan direkomendasikan untuk Anda.

Karangkamulyan
Tempat wisata sejarah yang satu ini sudah ada dari masa Hindu-Buddha yang diperkirakan memang sebagai peninggalan masa Kerajaan Galuh.

Saat berkeliling di sekitar Karangkamulyan, Anda pasti akan sangat merasakan peninggalan sejarah atau jejak-jejak masa lalu seperti saat melihat banyak peninggalan purbakala.

Anda seolah ditarik kembali pada masa jaman dulu. Tidak hanya melihat peninggalan sejarah, liburan Anda akan semakin seru karena disini banyak pertunjukan atraksi wisata menarik, beberapa diantaranya ada trip peninggalan purba, tempat wisata kuliner, hingga spot foto yang aesthetic.

Situ Lengkong Panjalu
Saat berkunjung kesini, Anda tidak hanya disuguhi konsep wisata sejarah dan budaya, namun juga bisa sekaligus menikmati pemandangan danau yang sangat indah.

Untuk melihat langsung wisata budaya dan sejarah, Anda harus mendatangi pulau Nusa Gede terlebih dahulu yang dijadikan sebagai hutan pelindung.

Di pulau inilah akan banyak Anda jumpai peninggalan purbakala sampai makan penyebar agama Islam yang dikenal dengan nama Mbah Panjalu.

Di dalam hutan, ada sebanyak 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis berbeda-beda.

Kampung Adat Kuta
Wisata yang satu ini sebaiknya tidak membawa anak-anak, karena Anda akan bersosialisasi dengan masyarakat yang mungkin harus melakukan beberapa ritual adat mereka.

Kampung ini masih sangat menjunjung tinggi adat budaya yang berlaku. Masyarakat yang hidup di dalamnya itu diharuskan untuk menaati aturan-aturan adat yang berlaku.

Tidak sekaku yang Anda bayangkan, mereka sangat menggemari berbagai macam kesenian, baik itu seni tradisional maupun modern.

Saat berwisata ke tempat ini, pasti banyak hal yang bisa Anda pelajari dan pastinya akan sangat menikmati berlibur dengan konsep yang berbeda.

Situs Kertabumi
Ada dua situs yang akan Anda temukan disini yakni situs Gunung Susuru dan situs Bojong Gandu.

Pada situs Gunung Susuru ini akan Anda lihat tiga batu datar yang terbuat dari batuan beku andesitik.

Sedangkan di situs Bojong Gandu terdapat sebuah peninggalan arkeologi yang berupa sisa benteng yang terbuat dari susunan batu.

Anda juga pasti akan menemukan fragmen keramik, kerak besi, dan juga fragmen tembikar yang diperkirakan berasal dari Cina, Vietnam, Eropa, dan negara lainnya.

Bagi para siswa yang belajar Sejarah dan Geografi sangat cocok untuk mengadakan penelitian disini.

Situs Jambansari
Situs ini terletak di kota yang sangat kontras dengan suasana di kawasan sekitarnya. Lingkungan situs ini masih sangat asri serta jauh dari kebisingan.

Anda akan merasa sangat nyaman untuk bersantai disini, sekaligus bisa menikmati wisata sejarah budaya yang ada.

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat, Nyesel Jika Dilewatkan Begitu Saja!

Itu dia beberapa tempat wisata sejarah budaya di Ciamis yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu libur.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama