Connect with us

12 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat, Nyesel Jika Dilewatkan Begitu Saja!

Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat. (CIAMISKAB)

Travel

12 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat, Nyesel Jika Dilewatkan Begitu Saja!

RANCAH POSTTempat wisata di Ciamis Jawa Barat sudah banyak dikenal kalangan pelancong lokal maupun internasional. Bahkan, tak sedikit menjadi agenda jalan-jalan saat pelesiran di wilayah Priangan Timur karena alamnya yang masih alami dan indah.

Ciamis merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, terletak antara Kota/Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran. Kabupaten yang memiliki slogan Ciamis Manis Manjing Dinamis ini banyak menyimpan tempat wisata dan tempat bermain yang menarik.

Tempat wisata di Ciamis ini tersebar di berbagai daerah, seperti di Panjalu, Kawali, Tambaksari, dan beberapa daerah lainnya yang cukup mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun sepeda motor.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciamis yang telah dihimpun Rancah Post dari laman Facebook bernama Ini Mah Ciamis di bawah ini.

Tempat Wisata di Ciamis

Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata Situ Lengkong ini telah menjadi destinasi wajib bagi pelancong lokal yang ingin menikmati suasana danau dan cagar alam. Situ Panjalu sendiri berada sekitar 35 kilometer bagian utara Kabupaten Ciamis, atau 15 kilometer sebelah barat Kawali.

Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat, Nyesel Jika Dilewatkan Begitu Saja!

Situ Lengkong Panjalu. (Foto: Dok. WisataPriangan)

Kampung Kuta Adat

Kampung Kuta Adat Ciamis terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Ciamis.

Kampung Kuta memiliki beberapa lokasi atau biasa disebut ancepan yang bersejarah, seperti Leuweung Gede, Gunung Barang, Gunung Padaringan, Ciasihan, Batu Goong, dan masih banyak lagi.

Situs Tambaksari

Tempat wisata di Ciamis lainnya adalah Situs Tambaksari, destinasi yang terletak di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis ini menyuguhkan aneka fosil dan benda-benda arkeologis yang juga disimpan di Museum Situs Tambaksari.

Situs Karangkamulyan

Tak jauh berbeda dengan Situs Tambaksari, Situs Karangkamulyan juga merupakan tempat wisata yang memiliki cerita sejarah purbakala yang berada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

Situs Karangkamulyan memiliki luas lebih kurang 25 hektar, sebagian besar menyimpan peninggalan yang didominasi oleh batu bersejarah tentang Kerajaan Galuh.

Astana Gede Kawali

Tempat wisata sejarah di Ciamis termasuk Astana Gede atau disebut juga sebagai Situs Kawali. Destinasi ini berupa komplek peninggalan sejarah peradaban di masa Kerajaan Galuh seluas 5 hektar yang dikelilingi rimbunan pepohonan yang sejuk dan nyaman.

Alamat Astana Gede Kawali terletak sekitar 27 kilometer sebelah utara Kota Ciamis, tepatnya berada di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan merupakan tempat bermain di Ciamis yang cocok untuk rekreasi keluarga. Tercatat berbagai fasilitas atau wahana bermain seperti waterboom, roller-coaster, flying fox, sepeda air, kolam arus dan masih banyak lainnya.

Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat, Nyesel Jika Dilewatkan Begitu Saja!

Mega Wisata Icakan. (Foto: Dok. Icakan)

Alamat Icakan Ciamis Jawa Barat terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, atau sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Ciamis.

Hutan Pinus Darmacaang

Objek wisata alam Hutan Pinus Ciamis ini terletak di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di sini, dapat menikmati pemandangan alam dengan udara sejuk, menyegarkan, dan natural.

Selain tempat wisata favorit keluarga, Hutan Pinus ini juga kerap digunakan sebagai tempat untuk melakukan foto-foto prewedding. Selain pemandangan alam, di Hutan Pinus Darmacaang juga terdapat tempat penangkaran rusa.

Curug Panganten

Curug yang dulunya bernama Curug Sewu ini terletak tepatnya berada di Dusun Kepel Kolot, Desa Kepel, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketinggian Curug Panganten sekitar 50 meter, merupakan curug sambungan dua sungai yang mengalirinya. Pada bagian atas, mengalir Sungai Cirende sedangkan di bawah mengalir Sungai Ciliung.

Cadas Ngampar

Cadas Ngampar terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, atau berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Ciamis. Di tempat wisata alam ini disuguhkan dengan pemandangan air sungai yang jernih serta hamparan batu.

Situs Gunung Susuru

Rekomendasi tempat wisata di Ciamis lainnya adalah Situs Gunung Susuru. Destinasi satu ini berada di Dusun Bunder, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kab Ciamis, Jawa Barat.

Situs Gunung Susuru merupakan peninggalan Kerajaan Galuh Kertabumi, areal seluas 7 hektar tersimpan peninggalan arkeologis seperti batu tingkat, batu bergaris, benteng kuno, kembang susuru, punden berundak, dan benda-benda kuno lain.

Situs Jambansari

Situs Jambansari terletak di Kota Ciamis, tepatnya berada di Jalan Achmad Dahlan, Dusun Rancapetir, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Jambansari sendiri merupakan kompleks makam Raden Adipati Aria Kusumadiningrat, Bupati Ciamis ke-16, yang memerintah dari tahun 1839 – 1886.

Curug Cibolang Panjalu

Curug Cibolang atau lebih dikenal dengan nama Curug Tujuh terletak di Dusun Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 35 kilometer sebelah utara Kota Ciamis.

Curug Cibolang berada di dalam Kawasan Wana Wisata Curug Tujuh yang memiliki luas sekitar 40 hektar, terletak di kaki Gunung Sawal yang dikelilingi Bukit Ciparang dan Cibolang.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciamis terbaru yang sayang untuk dilewatkan begitu saja saat singgah di Kota Ciamis Manis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
To Top