RANCAH POST – Telah ditemukan kandidat planet baru, bernama PFT08-8695b. Diduga kandidat planet baru ini menjadi salah satu planet yang termuda & terunik yang pernah ditemukan sejauh ini.

PFT08-8695 b mengorbit sebuah bintang yang jauhnya 1100 tahun cahaya dari bumi kita. Dengan waktu 11 jam untuk mengelilingi bintangnya, kandidat planet baru ini disebut sebagai Hot Jupiter. Istilah tersebut digunakan untuk planet panas dengan massa besar dan periode orbit pendek.

Para peneliti berpikir bahwa lapisan luar PTFO8-8695 b sedang direnggut oleh tarikan gravitasi dari bintang terdekatnya.

“Sejumlah planet yang diketahui berada di orbit sama kecil, tetapi karena bintang ini hanya 2 juta tahun, ini adalah salah satu contoh planet yang paling ekstrim,” ujar seorang astronom dari Rice University, Christopher Johns-Krull.

PTFO8-8695 b diidentifikasi pada tahun 2012 oleh survei internasional yang disebut Palomar Transit Factory.

Namun apakah kandidat planet baru ini benar-benar masih bayi? “Kami coba membandingkan sejumlah bukti yang kami dapat dengan skenario yang bisa kami bayangkan, dan sesuai dengan bukti yang ada, planet ini kemungkinan adalah salah satu planet termuda yang pernah diamati,” kata Johns – Krull.

Share.

Leave A Reply