RANCAH POST – Kelompok teroris Abu Sayyaf rupanya tak berniat menculik warg asing saja. Dari laporan intelijen, kelompok teroris yang menyatakan sumpah setia terhadap ISIS tersebut juga dilaporkan berencana mencuri beberapa orang penting di Filipina, salah satunya adalah petinju terkenal Filipina, Manny Pacquiao alias Pac Man.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Benigno Aquino, Presiden Filipina, dalam sebuah jumpa pers di Manila. Selain Pacquiao, Aquino juga memperoleh nama-nama penting lainnya yang akan diculik Abu Sayyaf yang salah satunya adalah adik kandung dari Presiden Aquino sendiri.

“Kelompok Abu Sayyaf ini berniat menculik nama-nama tersebut, dengan harapan nantinya mereka bisa menukarnya dengan kawan-kawan mereka yang ditahan di penjara,” ujar Aquino, dilansir International Business Times, Rabu (27/4/2016)

Aquino dalam keterangan persnya memberi sinyal positif bagi militer di negaranya untuk melancarkan operasi di Filipina bagian selatan. Di tiap-tiap pulau yang ada di wilayah Jolo, piha militer akan melakukan penyisiran untuk membebaskan para sandera baik warga lokal maupun warga asing. “Mereka (Abu Sayyaf) berpikir akan membuat kita takut. Sebaliknya kitalah yang akan menegakkan keadilan,” ucap Ninoy, sapaan akrab Aquino.

Sebelumnya, kelompok Abu Sayyaf menepati janjinya untuk mengeksekusi sandera bila tuntutan mereka tidak dipenuhi. Satu orang sandera asal Kanada didapati oleh aparat setempat dengan kepala terpenggal yang dibungkus dalam kantong plastik. Kelompok Abu Sayyaf juga berencana menghabisi 3 sandera lainnya bila uang tebusan sebesar Rp83 miliar tidak dibayar.

Share.

Leave A Reply