RANCAH POSTBuah untuk infused water sangatlah beragam dan buah yang digunakan juga bukan buah yang sulit didapat, karena buah-buahan tersebut kebanyakan merupakan buah lokal. Namun untuk pemilihan buah untuk dicampurkan dengan air dan dijadikan infused water hindari buah yang bertekstur lembek.

Buah untuk infused water yang baik adalah buah yang bertekstur agak keras, karena tidak akan membuat air menjadi keruh dan menyerupai juice. Selain itu pilih lah buah yang sarinya mudah larut dalam air. Buah untuk infused water contohya adalah sebagai berikut ini.

Lemon
Jenis jeruk yang satu ini memang sudah terkenal akan beragam manfaatnya. Selain digunakan untuk masakan lemon juga banyak digunakan dalam produk kecantikan dan kesehatan. Cara pengolahan lemon untuk didapatkan manfaatnya dalam hal kesehatan salah satunya adalah dengan dibuat infused water.

Kiwi
Buah berwarna hijau dengan corak kecoklatan dan memiliki rasa asam ini juga merupakan buah untuk infused water yang banyak digunakan serta memiliki banyak manfaat. Infused water dengan buah kiwi memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Timun
Buah dengan rasa segar ini adalah buah untuk infused water yang sangat mudah didapat. Timun memiliki kegunaan untuk mengatasi dehidrasi dan berfungsi sebagai anti peradangan untuk tubuh atau dalam bahas medisnya anti inflamantory. Untuk membuat infused water dari mentimun ini cukup dengan mengiris tipis buah timun dan direndam dalam air lalu tutup rapat dan diamkan beberapa saat hingga air terasa lebih segar.

Semangka
Buah dengan kandungan air yang tinggi ini juga bisa digunakan sebagai campuran air untuk dibuat infused water. rasa buah yang manis akan larut saat direndam dalam air putih. Agar sari buah larut lebih cepat maka potong buah semangka menjadi bagian yang kecil kecil. Selain itu jika Anda menginginkan rasa manis yang lebih Anda bisa menambah porsi potongan buah semangka tersebut.

Strawberry
Buah untuk infused water selanjutnya adalah strawberry, buah yang memiliki rasa asam asam manis ini banyak disukai oleh orang, selain karena rasanya buah strawberry disukai karena beragam manfaatnya. Salah satu manfaat buah strawberry adalah untuk mencegah keriput dan bisa memutihkan gigi. Selain itu strawberry juga memiliki khasiat untuk kesehatan yaitu untuk menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimar, Parkinson, Demenesia, dan lain-lain.

Jeruk nipis
Jenis jeruk yang baik digunakan sebagai buah untuk infused water tidak hanya jeruk lemon, tetapi jeruk nipis juga baik untuk dijadikan infused water. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk metabolisme dan sistem pencernaan Anda. Pembuatan infused water dengan jeruk nipis agak berbeda dengan pembuatan infused water dengan buah lain. Jika buah lain seperti timun, kiwi, strawberry dan lain-lain, hanya perlu memotongnya menjadi beberapa bagian kecil namun pada jeruk nipis ini perlu diperas untuk mengeluarkan sarinya, baru setelah itu campurkan perasan sari jeruk nipis dengan air. Porsi untuk 1 buah jeruk nipis adalah air putih sebanyak 1 liter.

Apel
Jenis apel yang biasa digunakan untuk dijadikan infused water adalah apel merah. Infused water apel biasanya dicampur dengan kayu manis. Infused water dari campuran 2 bahan tersebut cocok diminum saat musim dingin. Namun jika Anda ingin membuat infused water apel tanpa kayu manis juga tidak masalah karena manfaat dan rasanya tetap baik dan enak.

Buah untuk infused water dan manfaatnya di atas juga bisa Anda kombinasikan sesuai selera Anda masing-masing.

Share.

Leave A Reply